in

PSSI Sayangkan Peserta Liga 1 Yang Ogah Ikut Piala Presiden, Tapi…

Sepakbola.com, Jakarta – Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengecam keras bagi klub Liga 1 yang mangkir dalam perhelatan Piala Presiden 2018. Namun demikian, Edy memastikan tidak akan ada hukuman yang diberikan andai klub kasta tertinggi Liga Indonesia memutuskan untuk tidak ikut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Piala Presiden merupakan gagasan PSSI di mana turnamen ini merupakan turnamen pra musim jelang menghadapi Liga 1.

Sebelumnya ada beberapa klub Liga 1 yang mengatakan tidak akan mengikuti turnamen yang tercetus di tahun 2015 lalu. Salah satu di antaranya Persija Jakarta.

Edy, yang baru saja meletakkan jabatannya sebagai Pangkostrad ini, tetap memberikan kebebasan untuk klub Liga 1 untuk memilih. Jika memutuskan tak ambil bagian, maka tidak ada hukuman bagi mereka.

“Kalau tidak mau ikut itu kan hak prerogatif mereka, namanya saja turnamen. Tetapi yang punya hak untuk ikut adalah 18 klub yang nanti main di Liga 1,” ujar Edy di Makostrad, Gambir, Jakarta, Rabu (6/12).

Akan tetapi Edy tidak menjamin akan ada konsenkuensi yang didapatkan jika klub Liga 1 tidak mengikuti ini. Apalagi Piala Presiden merupakan turnamen pra musim resmi yang dijalankan PSSI di mana aturan dan regulasinya kemungkinan hampir mirip di Liga 1.

“Sekali lagi hak mereka mau ikut apa tidak. Ini kan juga sekadar turnamen. Kalau ada yang tidak ikut, ya siap-siap saja degradasi musim depan karena tidak mau ikut ambil persiapan menjelang Liga 1 2018,” kata Edy.

Lebih lanjut, Edy menambahkan meski nantinya jika ada beberapa klub Liga 1 yang tidak ikut, namun ia memastikan turnamen akan berjalan dengan jumlah peserta beberapa pun. Ia memastikan tidak akan mengambil peserta dari Liga 2.

“Kami tidak akan mengambil klub dari luar Liga 1 untuk berlaga di Piala Presiden karena ini sudah diputuskan. Seandainya cuma empat klub Liga 1 yang bertanding ya tetap dijalankan,” tutup Edy.

Rencananya, turnamen Piala Presiden jilid ketiga ini akan digelar pada Januari 2018. Namun, untuk tanggalnya belum dipastikan.

Lampard Kritik Peran Bakayoko Di Lini Tengah Chelsea

Pujian Mourinho Untuk Shaw Usai Tampil Menjanjikan Kontra CSKA Moskow