Coutinho Dan Bintang Lain Yang Meninggalkan Jurgen Klopp

Sepakbola.com, Liverpool – Jurgen Klopp dikenal sebagai pelatih yang memiliki daya pikat tersendiri bagi para pemain. Banyak pemain yang memilih bergabung ke sebuah klub karena kehadiran Klopp, contoh terbru Virgil Van Dijk.

Namun, Klopp juga punya sejarah sebagai pelatih yang kerap ditinggal para pemain kuncinya. Hal ini sudah terjadi baik ketika ia masih menukangi Borussia Dortmund hingga saat ini di Liverpool.

Berikut adalah para pemain kunci yang memilih meinggalkan Jurgen Klopp.

1. Shinji Kagawa ke Manchester United 2012

Gelandang asal Jepang ini adalah salah satu pemain kunci di era keemasan Borussia Dortmund era Klopp. Kagawa tampil hebat di musim 2010-11 dan 2011-12, musim dimana Die Borussen menjadi juara Bundesliga dua muism beruntun.

Penampilan apik itu menbuat raksasa Inggris, Manchester United kepincut. Kagawa diboyong United pada musim panas 2012 dengan biaya mencapai 19 juta Pounds. Meski kemudian Kagawa kembali ke pelukan Dortmund pada musim panas 2014.

2. Mario Gotze ke Bayern Munchen 2013

Satu musim setelah kepergian Kagawa ke Manchester United, Mario Gotze ikut keluar dari Signal Iduna Park menuju rival Dortmund, Beyern Munchen. Kala itu Bayern harus membayar 40 juta Pounds untuk mendapatkan Gotze.

Namun, untuk keputusan melepas Gotze ini Klopp bisa mmebusungkan dada. Gotze tak bisa berkembang sejak meninggalkan Dortmund dan sering bermasalah dengan kebugaran. Pemain yang kini berusia 25 tahun ini mengikuti jejak Kagawa kembali ke Dortmun tiga tahun setelah kepindahannya ke Munchen.

3. Robert Lewandowski ke Bayern Munchen 2014

Keputusan Klopp soal pemain satu ini sampai saat ini masih menimbulkan pertanyaan. Bagaimana tidak, kala itu Klopp membiarkan Lewandoski pindah secara gratis ke Bayern Munchen.

Hasilnya tentu bisa ditebak, Lewa menjadi bintang dan terus mencetak gol selama di Bayern Munchen. Sementara itu musim 2014-15 menjadi musim terakhir Klopp menukangi Borussia Dortmund.

4. Philippe Coutinho ke Barcelona 2018

Coutinho menjadi nama terbaru yang meninggalkan Jurgen Klopp. Pemain asal Brasil itu pindah ke Barcelona dengan biaya transfer mencapai 160 juta Euro. Angka yang membuatnya menjadi pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar.

Untuk kasus Coutinho, Klopp sebenarnya sudah melakukan segalanya untuk membuat pemain berusia 25 tahun itu mau bertahan di Anfield, mulai dari menjadikannya sebagai kapten dikala cederanya Joran Henderson hingga beragam rayuan lain. Namun, impian Coutinho untuk bermain di Barcelona memang tak bisa dibendung.

 

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini