Fleksibelnya Regulasi Pemain Asing di Piala Presiden 2018

Sepakbola.com, Jakarta – Pihak penyelenggara memberikan kelonggaran setiap peserta Piala Presiden 2018 ketika menggunakan pemain asing. Salah satunya adalah soal jumlah. Anggota Organizing Committee Piala Presiden 2018, Risha Adi Widjaya, menegaskan setiap klub peserta diperbolehkan mendaftarkan enam pemain asing untuk mengikuti turnamen tersebut.

Meski begitu, Risha menambahkan setiap klub saat pertandingan hanya bisa menurunkan 3+1 pemain asing yang boleh dimainkan. Kemungkinan dipilihnya regulasi 3+1 ini mengacu kepada regulasi yang akan digunakan untuk Liga 1 2018. Dimana 3+1 mencakupi tiga pemain asing non asia dan satu pemain asing asal Asia.

“Pemain asing boleh didaftarkan enam pemain. Mengapa demikian? Alasannya karena Piala Presiden ini kan turnamen pramusim dan ini saatnya tim untuk melakukan percobaan terhadap strategi-strateginya,” kata Risha kepada wartawan di Hotel Sultan, Jumat (12/1).

“Meski yang didaftarkan enam pemain, yang dimainkan tetap 3+1 (tiga pemain asing dan satu pemain Asia). Jadi, yang didaftarkan itu enam orang untuk turnamen, namun yang ada di daftar susunan pemain, ya 3+1,” ujar Risha.

Tak hanya itu regulasi fleksibel lainnya terkait pemain asing yakni soal administrasi pemain asing. Risha menambahkan jika setiap klub tidak harus mengontrak pemain asingnya. Mengingat beberapa klub dipastikan menjadikan ajang ini sebagai ajang seleksi pemain tentunya sangat beresiko bila pemain asing tersebut dikontrak dengan durasi panjang.

Tak hanya itu pihaknya juga siap membantu terkait soal perizinan kerja pemain asing yang bermain di Piala Presiden 2018. Agar nantinya hal ini tidak dipermasalahkan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia alias BOPI.

“Jadi, tak perlu kontrak pemain, karena ini hanya satu bulan durasi turnamennya. Dalam kontrak itu enggak ada aturannya durasi kontrak satu bulan. Nantinya juga kami akan membantu klub untuk mengurus hal itu. Tentunya dengan dokumen yang lengkap, dan prosesnya mungkin hanya dua hari izinnya akan keluar,” jelasnya.

Secara keseluruhan Risha menjelaskan setiap klub diperbolehkan mendaftarkan total 36 pemain. Risha beralasan, jumlah tersebut sangat ideal agar tidak terjadi kelelahan pemain untuk klub yang juga sedang mengikuti pertandingan di Piala AFC.

“Kenapa 36 pemain? Kami berasumsi seperti ini, kan ada klub yang juga pertandingan di Piala AFC. Mungkin akan mengalami jadwal ketat di AFC dan Piala Presiden 2018,” tutupnya.

Komentari Artikel Ini