Kiper Barcelona Ini Punya Rekor Satu Lawan Satu yang Luar Biasa

Sepakbola.com, Barcelona – Marc-Andre Ter Stegen kembali menciptakan clean sheet saat lawan Levante. Kiper Barcelona asal Jerman itu melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, terutama saat berhadapan satu lawan satu dengan Shaq Moore.

Mungkin bagi sebagian kiper, situasi ‘one on one’ adalah hal mengerikan. Namun bagi Ter Stegen di situlah keahlian utamanya musim ini. Menurut StrataBet, Ter Stegen sudah melakukan 13 penyelamatan dari 16 peluang satu lawan satu.

Ter Stegen juga punya catatan bagus dalam menghentikan tembakan lawannya. Menurut perhitungan xG (expected Goals), Ter Stegen melakukan penyelamatan sekitar 60 persen  tembakan yang dia terima, lebih tinggi dari rata-rata penjaga gawang lain. Itu membuatnya jadi yang terbaik di La Liga.

Menurut statistik dari Squawka, Ter Stegen hanya kebobolan rata-rata 0,39 gol per pertandingan dan melakukan penyelamatan 2,56 kali per pertandingan di La Liga musim ini.

Saingan terdekat Ter Stegen adalah Jan Oblak. Performa apiknya bisa terlihat dari Atletico Madrid yang sejauh ini baru kebobolan delapan gol – Barcelona tujuh gol – dan dia mencatatkan 11 clean sheets. Oblak melakukan penyelamatan rata-rata 2,67 kali per pertandingan, lebih tinggi sedikit dari Ter Stegen, tetapi rata-rata kebobolannya lebih banyak, 0,44 per pertandingan.

Barcelona Lebih Main Menyerang

Satu yang perlu diperhatikan untuk Oblak dan Ter Stegen, Barcelona dan Atletico Madrid memiliki gaya bermain yang jauh berbeda. Barca bermain lebih offensive dengan kerentanan serangan balik yang berbahaya, sedangkah Atletico Madrid banyak mengarahkan energi mereka ke pertahanan.

Gaya bermain Barcelona membuat skill satu lawan satu kiper mereka sangat diperlukan, terlebih mereka sering menggunakan jebakan offside. Jika penyerang lawan lolos dari jebakan offiside maka dia akan langsung berhadapan dengan Ter Stegen.

Mampu menyapu bola secara efektif dan melakukan penyelamatan satu lawan satu adalah kebutuhan Barca. Mantan kiper mereka Victor Valdes sering mengatakan ini adalah hal terpenting untuk menjadi kiper Barcelona. Sejauh ini Ter Stegen melakukan tugasnya dengan sangat baik di Barcelona, membantu klub ini ke jalur kesuksesan musim 2017-2018. (Sumber: barcablaugranes.com)

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini