Klasemen Liga Spanyol 9 Januari 2018: Sang Jawara Bertahan Tertinggal 16 Poin Dari Barcelona

Sepakbola.com – Cristiano Ronaldo dan kolega kembali meraih hasil tak maksimal di pekan ke-18 Liga Spanyol. Bertandang ke Estadio Balaidos, Senin (8/1/2018), Real Madrid ditahan imbang Celta Vigo dengan skor akhir 2-2. Hasil imbang tersebut membuat Los Blancos tertinggal 16 poin dari Barcelona yang memimpin klasemen Liga Spanyol 9 Januari 2018.

Jarak tersebut memang masih mungkin diperpendek karena Real Madrid masih memiliki satu laga tunda melawan Leganes. Laga Leganes vs Real Madrid harus ditunda karena Los Blancos  mengikuti turnamen Piala Dunia Antar Klub, yang kemudian mereka menangi, pada Desember 2017. Pertandingan tunda tersebut semestinya bisa menambah tiga poin bagi sang jawara bertahan.

Sementara itu, Barcelona melanjutkan kampanye apik mereka di liga domestik musim ini. Kemenangan tiga gol tanpa balas membuat mereka masih belum tersentuh kekalahan hingga pekan ke-18. Dengan 15 kemenangan dan tiga hasil imbang Lionel Messi memimpin klasemen dengan 48 poin.

Hasil Pertandingan Klasemen Liga Spanyol 9 Januari 2018
Hasil Pertandingan Liga Spanyol 9 Januari 2018

Gol dan kartu merah Diego Costa

Seteru sekota El Real, Atletico Madrid, kini menjadi klub yang paling dekat jaraknya dari Barcelona. Di pekan ke-18 pasukan Diego Simeone menang 2-0 saat menjamu Getafe. Mengumpulkan 39 poin dari 11 kemenangan enam hasil imbang dan satu kekalahan, El Atleti terpaut sembilan angka dari puncak klasemen.

Di laga tersebut Diego Costa mencetak gol di pertandingan debutnya setelah resmi kembali dari Chesea. Uniknya ia langsung kena kartu kuning kedua, yang berarti pengusiran dari lapangan, gara-gara selebrasi ke ujung tribun penonton. Selebrasi dengan penonton memang tak diperbolehkan karena dianggap membahayakan akibat arus penonton yang akan bergerak bersamaan ke bibir tribun.

Di belakang Atletico ada Valencia yang mendapatkan kemenangan sulit saat menjamu Girona di Mestalla. Dan tiga poin dari kemenangan tipis 2-1 tersebut menempatkan mereka satu poin lebih sedikit dari El Atleti.

Namun duel yang paling seru di pekan ke-18 Liga Spanyol adalah saat Sevilla menjamu Real Betis di Ramon Sanchez Pizjuan. Dalam laga yang menandai debut Vincenzo Montella sebagai entrenador Sevilla itu tercipta total delapan gol. Dan tim tamu yang akhirnya tertawa di akhir pertandingan tim sekota yang beken dengan sebutan Seville Derby dan juga Derby Andalusia tersebut.

Klasemen Liga Spanyol 9 Januari 2018
Klasemen Liga Spanyol 9 Januari 2018.

Messi masih pimpin perburuan Pichichi

Keperkasaan Barcelona juga tergambar dari tabel klasemen top skorer. Lionel Messi memuncaki tabel dengan catatan 16 gol hingga pekan ke-18 Liga Spanyol. Ia cukup nyaman memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan keunggulan enam gol dari pesaing terdekatnya.

Selain Messi, Barcelona juga punya Luis Suarez di papan atas klasemen penyerang tersubur alias Pichichi. Suarez yang sempat kesulitan mencetak gol di awal musim kini punya koleksi 11 gol. Catatn gol Suarez setara dengan bintang Celta Vigo Iago Aspas. Di pekan ke-18, Aspas sebenarnya berpeluang menambah pundi gol namun sayang eksekusi penaltinya digagalkan kiper Real Madrid Keylor Navas.

Tak ada nama-nama bintang Real Madrid seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale maupun Karim Benzema di papan atas klasemen top skorer Liga Spanyol. Di belakang Suarez dan Aspas menguntit Simeone Zaza dan Cedric Bakumbu dan Cristian Stuani. Kemudian menyusul Rodrigo dan Maxi Gomez yang namanya juga tak begitu mentereng terutama bagi penikmat bola yang tak benar-benar mengikuti Liga Spanyol.

Klasemen Top Skorer Liga Spanyol 9 Januari 2018
Klasemen Top Skorer Liga Spanyol Pekan Ke-18.

Komentari Artikel Ini