Laris Manis, Gelandang Brasil Milik Shakhtar Donetsk Ini Diperebutkan Tiga Klub Besar EPL Sekaligus

Sepakbola.com, London – Meski berkompetisi di Liga Primer Ukraina namun Shakhtar Donetsk tidak henti-hentinya menelurkan dan membesarkan talenta-talenta asal Brasil. Calon bintang besar Negeri Samba selanjutnya yang siap meledak adalah Fred yang dikabarkan kian dekat dengan kepindahan ke Liga Inggris.

Berposisi sebagai gelandang sentral, Fred disebut masuk dalam radar Arsenal plus duo Manchester, Manchester United dan Manchester City, untuk direkrut pada musim panas depan. Meski demikian belum diketahui apakah pemain 24 tahun ini sudah siap meninggalkan Metalist Stadium, markas Shakhtar, usai bergabung dari FC Internacional pada 2014 silam.

Namun bakat Fred memang sepertinya pantas untuk diperebutkan oleh The Red Devils, The Gunners, dan The Citizens sekaligus. Pasalnya ia dideskripsikan media sebagai salah satu midfielder modern paling oke di Ukraina karena punya atribut baik dalam menyerang maupun bertahan.

Menurut data yang dikumpulkan oleh situs Whoscored, Fred yang bernama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos ini telah mengantongi 2 gol plus sebuah assist dari total 24 penampilan di semua ajang. Itu membuat ratingnya jadi salah satu yang tertinggi dikalangan pemain Hirnyki, alias The Miners, lainnya, yakni 7,21.

Statistik Liga Champions Fred (Whoscored tidak menyertakan data dari kompetisi domestik) secara lebih mendetil juga tidak mengecewakan. Diturunkan dalam seluruh enam partai fase grup Shakhtar, ia per 90 menitnya punya 2,7 tekel bersih, 1,2 intersepsi, dan 0,7 sapuan. Untuk penyerangan ia berkontribusi dalam 1,5 tembakan, 1,3 umpan kunci, dan 5,5 dribel. Makin apik dengan tambahan akurasi umpan yang mencapai 84% kala ia begitu sering melepaskan umpan panjang sebanyak 4,8 buah per laganya.

Video kompilasi aksi Fred bersama Shakhtar Donetsk

Fred tertarik ke Manchester City?

Bagi Arsenal, mereka jelas rindu dengan sosok yang bisa mendominasi lini tengah untuk mereka. Rekrutan musim panas lalu, Granit Xhaka, masih belum bisa memuaskan keinginan publik Emirates Stadium. Begitu juga dengan Aaron Ramsey yang miskin konsistensi dan Jack Wilshere yang terlalu sering bergelut dengan cedera.

Sementara itu MU butuh suksesor untuk Michael Carrick yang sudah berada di enam bulan pamungkas masa kontraknya. Meski berstatus sebagai kapten tim tidak ada jaminan jika gelandang Inggris 35 tahun itu akan dapat sodoran kontrak baru di musim panas. Namun demikian perannya sebagai metronom terlalu sulit untuk digantikan.

Andai pindah ke City, Fred akan punya mentor sesama orang Brasil dan alumnus Shakhtar yakni Fernandinho. Tentu saja ini akan menjadi menarik setelah sang pemain sendiri sempat menyatakan tertarik untuk bisa menjajal rumput Etihad Stadium.

Patut disimak apakah Fred bisa jadi pemain Shakhtar lainnya yang mampu digaet klub dari lima liga top Eropa. Sudah banyak jejak pemain seniornya yang sudah bisa diikuti selain Fernandinho seperti Willian Borges dan Douglas Costa. Tinggal ke mana saja polesan akademi Atletico Mineiro dan Porto Alegre ini hendak pergi. (Sumber: Calciomercato)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini