Dua Jebolan La Masia Gerard Deulofeu dan Rafinha Alcantara
in ,

Mulai Cuci Gudang, Barca Siap Lepas Dua Jebolan La Masia Ke Serie A?

Sepakbola.com, Catalonia – Setelah mengeluarkan dana yang diperkirakan mencapai lebih dari 150 juta Poundsterling di jendela transfer musim dingin kali ini tampaknya Barcelona akan mulai merampingkang skuatnya. Dua nama jebolan akademi mereka sendiri, Rafinha Alcantara dan Gerard Deulofeu, disebutkan sudah dekat dengan kepindahan ke Serie A.

Dua nama tersebut diberitakan akan jadi ‘korban’ pertama dari kebijakan Barca untuk mendatangkan Philippe Coutinho dan Yerry Mina. Namun meski sama-sama menatap Italia namun opsi kepindahan Rafinha dan Deulofeu bisa saja berbeda.

Rafinha ingin ke Piala Dunia 2018

Rafinha yang selama rezim kepelatihan Luis Enrique mendapat banyak kepercayaan dan mengumpulkan 28 penampilan serta 7 gol di La Liga musim lau diyakini akan merapat ke Internazionale Milan. Dengan opsi pinjaman sampai akhir musim yang bisa berujung dengan kontrak permanen berharga 16 juta Poundsterling. Putra legenda Brasil, Mazinho, ini dikabarkan bahkan sudah mencapai tahap negosiasi akhir dengan kubu La Beneamata.

Rafinha menurut laporan dari Gazzetta dello Sport sudah dianggap sebagai surplus bagi armada Ernesto Valverde. Cedera lutut dalam tempo panjang hingga kini menghalanginya tampil di 2017/2018. Tampaknya ia tidak akan dihalangi oleh klub untuk mencari pelabuhan baru. Tidak heran adik kandung Thiago Alcantara ini juga diisukan sudah menjalani rangkaian tes medis di kota mode.

Baru berusia 24 tahun, Rafinha memang tengah butuh bermain secara reguler demi membuka kansnya untuk tampil di Piala Dunia 2018 bersama Brasil. Dengan kemampuan versatilenya, gelandang yang juga difungsikan sebagai bek ini praktis bisa menarik banyak peminat.

Deulofeu mengarah ke Napoli

Saat Rafinha hendak menyasar Milan, Deulofeu disebut lebih dekat ke Italia selatan dimana kota Naples yang merupakan markas Napoli berada. Sedikit berbeda dari sang rekan, Deulofeu kabarnya mengincar kepindahan permanen dari Camp Nou tanpa opsi peminjaman.

Gines Carvajal, selaku perwakilan Deulofeu, dilaporkan oleh Sky Sports Italia sudah berhasil membuat kliennya mendekati kata sepakat dengan Napoli. Hanya saja kini persoalan harga masih jadi penghambat karena Il Partenopei hanya mau membayar sekitar 10 juta Poundsterling sementara Barca ingin lima sampai enam juta lebih mahal.

Opsi tujuan alternatif

Namun meski sudah mendapatkan peminat kuat masing-masing Rafinha dan Deulofeu bisa saja tidak jadi pindah ke dua klub diatas. Bukannya Barca melarang namun mereka juga masih punya peminat lain.

Sempat jadi andalan Celta Vigo saat masih diasuh Enrique, Rafinha tampaknya juga akan mendapatkan tawaran untuk pulang ke Balaidos. Apalagi kini La Celeste diasuh oleh Juan Carlos Unzue yang merupakan mantan asisten pelatih Enrique. Tidak cuma itu, Arsenal dan Liverpool pun tertarik menggunakan jasanya.

Untuk Deulofeu, peminatnya masih tidak jauh-jauh dari Negeri Pasta. AC Milan yang pada 2016/2017 sempat meminjamnya dari Everton selama 6 bulan tertarik untuk bekerjasama kembali. Namun Il Rossoneri harus bersaing dengan Inter yang juga memiliki hasrat serupa dengan winger lincah asli Catalonia ini. (Sumber: Football Espana, Sportsmole)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

[VIDEO] CUPLIKAN GOL Barcelona 5-0 Celta Vigo (Agg 6-1): Manita Barca Matikan Langkah Celta

Zinedine Zidane Real Madrid kalah mengejutkan dari Girona klub promosi asal Catalan

Bocorkan Soal Kontrak Baru, Entrenador Real Madrid Tetap Waspada Soal Masa Depannya