Pep Guardiola: Manchester City Belum Menjadi Klub Besar Seperti Liverpool Atau Manchester United

Sepakbola.com, Manchester – Manchester City tidak akan menjadi klub besar seperti Manchester United atau Liverpool sebelum mereka memenangkan lebih banyak trofi untuk menyamai atau bahkan melewati raihan titel para rivalnya, kata Guardiola.

Meski saat ini melaju sendirian untuk menyabet gelar Premier League, dan dalam persaingan yang bagus untuk memenangkan tiga gelar lainnya seperti Piala FA, Piala Liga dan Champions. Guardiola telah mengatakan kepada para pemainnya bahwa akan menjadi kesalahan besar seandainya mereka mulai berbicara memenangkan quadraple lebih dini.

Sementara itu Manchester City sudah mencapai titik prestasi terbaik mereka sepanjang sejarah, dengan memenangkan FA Cup, Piala Liga dan dua kali titel Premier League dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Namun mereka masih jauh dari rival terdekat dalam urusan kesuksesan meraih trofi.

United telah memenangkan 20 gelar Liga Inggris, dan Liverpool memiliki lima gelar Champions League dan 18 gelar liga. Meski The Reds masih belum memenangkan gelar di era Premier League.

Manchester City fokus menangi trofi

Tapi Guardiola memiliki kesempatan bagus untuk memperluar raihan trofi City, dan menciptakan lebih banyak sejarah dengan klubnya musim ini. Hal itu didapat setelah mereka mengalahkan Bristol City di leg pertama semifinal Carabao Cup, dan melangkah ke babak 32 besar FA Cup usai menundukkan Burnley 4-1.

“Untuk menjadi klub besar seperti United atau Liverpool dengan sejarah mereka, Anda harus memenangkan trofi,” ujar Guardiola kepada Telegraph.

“Ini bagus untuk memiliki kesempatan tapi Anda harus mengangkat titel. Tak seorang pun bisa mengambil apa yang sudah kami lakukan sejauh ini. Tapi kami harus mengangkat titel di masa depan, tanpa hal tersebut itu tidak cukup,”

“Dalam olahraga, hal yang paling penting adalah apa selanjutnya. Jika Anda melihat ke belakang, itu sebuah kesalahan besar.”

United masih memegang sebagai peraih trofi terbanyak di daratan tim Inggris, dengan 42 trofi penghargaan, serta dilengkapi dengan memenangkan treble unik pada 1999. Namun tak satu pun klub Inggris yang berhasil memenangkan quadraple atau empat trofi sekaligus.

City akan mencoba mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di liga dengan mengunjungi Anfield untuk menantang Liverpool di pekan ke-23 Premier League, Minggu (14/12) malam WIB. (Sumber: Squawka)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini