PREDIKSI Manchester United vs Stoke City: Kesempatan Perbaiki Tren

Sepakbola.com, Manchester – Hanya punya satu kemenangan dari empat pekan Premier League terakhir, Manchester United jelas ingin memperbaiki tren negatif mereka saat menjamu Stoke City di Old Trafford, Senin (16/1) dini hari WIB. Mampukan Iblis Merah melakukannya demi terus bersaing di papan atas? Simak prediksinya dari Sepakbola.com berikut ini.

Dengan hasil seri yang didapatkan Chelsea saat bertanding melawan Leicester City dan Liverpool akan jumpa Manchester City di pekan ke-23 Premier League, membuat MU berpeluang besar kembali menyamankan kursi mereka di peringkat kedua liga. Pasalnya sebelum ini eksistensi mereka sempat diganggu oleh The Blues dan The Reds yang tetap melaju kencang saat Paul Pogba dkk tengah mengalami krisis di masa pergantian tahun.

Namun kini The Red Devils siap bangkit lagi usai menang atas Everton di partai perdana 2018 yang dilanjutkan pesta atas Derby County di Piala FA. Terlebih klub asuhan Jose Mourinho ini akan didukung dengan rekor kandang yang oke, mengingat dari 28 laga terakhir di Old Trafford MU hanya pernah sekali tumbang dan itupun di tangan City sang kandidat kuat juara. Kesuburan mereka juga bagus di Theatre of Dreams dengan 24 gol dan kemasukan lima kali saja di ajang liga.

Sementara Stoke menukik tajam setelah sempat diprediksi bisa kembali meramaikan perebutan tiket zona Eropa di 2017/2018. Kini The Potters berada di jurang relegasi, tepatnya posisi ke-18 dengan 20 poin. Tidak cuma itu, mereka juga jadi tim dengan pertahanan paling rapuh dengan sudah bersarangnya 47 gol yang menyebabkan selisih gol mereka hanya bernilai -24 yang lagi-lagi jadi yang terburuk di liga.

Belum juga menunjuk seorang manajer tetap usai pemecatan Mark Hughes yang membuat Stoke dipermalukan oleh Coventry City di Piala FA, tampaknya jalan bagi Darren Fletcher dkk masih belum akan mulus dalam waktu dekat. Namun kebangkitan memang jadi satu-satunya pilihan bagi penghuni Britannia Stadium ini agar tidak turun kasta musim depan. Asal tahu saja, tim dengan pertahanan bobrok belum tentu terkena degradasi mengingat Swansea City yang kemasukan 51 gol di 2016/2017 silam saja masih bertahan hingga kini.

PEMAIN KUNCI

Luke Shaw

PREDIKSI Manchester United vs Stoke City: Luke Shaw

Dibeli dari Southampton pada era kepelatihan Louis Van Gaal, Luke Shawa belum juga bisa menjadi pilihan utama MU untuk pos bek kiri. Padahal ia sudah menetap hampir empat musim. Namun hal itu wajar karena eks Southampton ini lebih banyak berkutat dengan cedera panjang dan problem kebugaran. Namun di paruh kedua 2017/2018 Shaw nampaknya sedikit demi sedikit akan mencuri perhatian Mourinho kaena sejak Desember ada tujuh partai yang sudah ia mainkan selama lebih dari 80 menit. Dengan bakal absennya Ashley Young akibat suspensi dan tidak konsistennya performa Daley Blind dan Matteo Darmian maka fullback 22 tahun ini sebaiknya bisa memanfaatkan kansnya sekali lagi.

Eric Maxim Choupo-Moting

PREDIKSI Manchester United vs Stoke City: Eric Maxim Choupo-Moting

Sempat meledak di awal musim yang ditandai dengan brace ke gawang MU di Bet365 Stadium yang memaksakan hasil imbang 2-2, Choupo-Moting bak mejan di setelahnya. Meski jadi topskorer Stoke dengan 4 gol plus 4 assistnya bersama Mame Birame Diouf dan Xherdan Shaqiri namun ia sudah terlalu lama mandul. Dalam 10 laga terakhir penyerang Kamerun 28 tahun tersebut hanya punya sebiji lesakan. Namun dengan memori brace ke gawang MU di paruh pertama lalu sosoknya patut diwaspadai.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Walau masih tanpa Eric Bailly, Michael Carrick, dan Zlatan Ibrahimovic yang cedera namun MU bisa menyambut kembalinya sang wakil kapten Antonio Valencia. Fullback kanan Ekuador yang akrab disapa Tono ini siap kembali mengawal sisi sayap armada The Special One usai pulih dari cedera. Romelu Lukaku pun tampaknya siap kembali masuk starting XI usai bugar kembali dari cedera kepala yang memaksanya absen kala melawan Everton. Sudah bisa bermain sebagai pengganti di Piala FA lalu bomber Belgia ini jelas jadi suntikan tenaga berharga.

Sementara Stoke tidak akan bisa memainkan Bruno Martins Indi, Glen Johnson, dan Ryan Shawcross. Erik Pieters juga bisa bernasib sama namun level kebugarannya akan terus dipantau.

Manchester United XI (4-2-3-1): David De Gea, Toni Valencia, Phil Jones, Marcos Rojo, Luke Shaw, Nemanja Matic, Paul Pogba, Juan Mata, Anthony Martial, Jesse Lingard, Romelu Lukaku

Stoke City XI (4-3-3): Jack Butland, Thomas Edwards, Kurt Zouma, Kevin Wimmer, Erik Pieters, Joe Allen, Geoff Cameron, Charlie Adam, Xherdan Shaqiri, Peter Crouch, Maxim Choupo-Moting

PREDIKSI SKOR

Seburuk apapun kondisi Stoke mereka terkenal gemar membuat MU frustasi. Lihat saja dari 10 duel terakhir di semua ajang Manchester Merah hanya dibolehkan mengklaim 4 kemenangan sedangkan mereka bisa mencuri 2 lainnya. Tiga pertemuan terakhir pun Stoke bisa mengambil masing-masing satu poin. Memang sering merepotkan mengingat mereka pandai memanfaatkan keunggulan postur pemain-pemainnya.

Namun tampaknya musim ini kesaktian Stoke terebut sedikit berkurang. Melawan tim 6 besar The Potters hanya mampu menahan MU dan Arsenal namun melawan City (7-2), Chelsea (4-0 dan 5-0), Liverpool (3-0), dan Tottenham Hotspur (5-1) mereka justru terbantai. Ini bisa jadi celah bagi MU untuk menuntaskan hasrat untuk menang dari Stoke setelah sekian lama.

Sepakbola.com prediksikan skor 2-0 bisa jadi milik United di akhir laga. Namun dengan catatan ketajaman mereka di depan gawang sudah lebih baik dari laga-laga sebelumnya dimana hasil seri sempat menghantui.

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini