in

PREDIKSI Real Sociedad vs Barcelona: Waspada Pada Anoeta

Sepakbola.com, San Sebastian – Di jornada ke-19 La Liga sang favorit juara Barcelona akan kembali diuji keangkeran Anoeta, markas Real Sociedad, yang sudah melegenda bagi mereka pada Minggu (15/1/2018) dini hari WIB. Mampukah Los Cules melewati rintangan itu? Simak prediksinya dari Sepakbola.com berikut ini.

Setelah akhir 2017 berjalan tidak menyenangkan dengan lima pertandingan terakhirnya hanya sukses dimenangkan satu, Sociedad jelas punya harapan agar di tahun yang baru ini semuanya bisa berubah menjadi lebih baik bagi mereka. Namun tampaknya keinginan itu masih belum bisa terwujud usai mereka langsung kalah di partai pembuka 2018 kala menjamu Leganes di San Sebastian. Kekalahan tipis 0-1 itu sudah cukup membuat Asier Illaramendi dkk makin jauh dari tabel sepuluh besar.

Kini La Real berada di tangga ke-12 dengan koleksi 23 poin. Dengan apa yang mereka miliki saat ini sebenarnya posisi kedelapan milik Athletic Bilbao masih bisa direbut namun hasil yang mereka dapat bukan jadi satu-satunya penentu. Apalagi jika melihat mereka juga punya peluang sama besar untuk makin melorot karena Celta Vigo di urutan ke-15 hanya berjarak satu poin saja. Dengan cederanya bek utama mereka, Inigo Martinez, mungkin Sociedad masih harus sedikit bersusah-susah di 2018.

Sementara Barca justru kebalikannya karena seakan dewi fortuna sedang baik-baiknya pada mereka. Tidak cuma sukses meresmikan transfer Philippe Coutinho dari Liverpool dengan harga 145 juta Poundsterling yang praktis jadi suntikan masif untuk skuat mereka, Los Cules juga menyambut sejumlah pemain yang sebelumnya terbebat cedera. Sudah dijadikan pemain pengganti di ajang Copa del Rey lalu kontra Celta, Ousmane Dembele yang pembelian termahal mereka sepanjang sejarah tampaknya siap dimainkan penuh lagi.

Belum lagi dengan ‘anugerah’ tetap jauhnya para pesaing untuk gelar juara musim ini terutama Real Madrid. Jelas saja karena Barca asuhan Ernesto Valverde belum sekalipun menelan kekalahan sepanjang 18 jornada berjalan. Hal itu juga berlaku di kompetisi lainnya seperti Copa del Rey dan Liga Champions. Jadi tidak salah apabila Los Cules akan begitu percaya diri jelang pertemuan ini.

PEMAIN KUNCI

Adnan Januzaj

Prediksi Real Sociedad vs Barcelona Liga Spanyol 2017-2018
Prediksi Real Sociedad vs Barcelona: Adnan Januzaj

Sempat kesulitan mendapatkan menit bermain di awal kedatangannya ke San Sebastian usai ditransfer dari Manchester United, Januzaj perlahan bisa membuktikan diri pada publik Anoeta. Tambahan tenaga masif untuk lini depan yang diharapkan ada pada playmaker kidal Belgia tersebut sudah mulai terlihat. Bersama Illaramendi dan Mikel Oyarzabal, Januazj adalah top 3 pemain terbaik Sociedad versi situs Whoscored dengan ponten 7,05. Alasannya sederhana karena belakangan eks Sunderland dan Borussia Dortmund ini on fire dengan 2 gol dan 4 assist dari 10 penampilan pamungkas.

Ousmane Dembele

Prediksi Real Sociedad vs Barcelona Liga Spanyol 2017-2018
Prediksi Real Sociedad vs Barcelona: Ousmane Dembele

Diharapkan bisa menjadi pengganti Neymar kala didatangkan dari Dortmund dengan 95 juta Poundsterling, Dembele justru mendapatkan cedera parah yang sudah memaksanya absen sejak September 2017 silam. Alhasil ia baru memainkan 6 game kompetitif untuk Barca dan belum sekalipun tampil penuh. Namun kini ia sudah pulih total dan siap kembali jadi pilihan utama di lini serang. Kehadiran winger 20 tahun asal Prancis ini juga akan membuat Valverde bisa leluasa kembali memainkan pakem dasar tim yakni 4-3-3 yang ditanggalkan sejak ia cedera.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN REAL SOCIEDAD VS BARCELONA

Real Sociedad XI (4-3-3): Geronimo Rulli, Kevin Rodrigues, Diego Llorente, Raul Navas, Alvaro Odriozola, David Zurutuza, Asier Illarramendi, Xabi Prieto, Mikel Oyarzabal, Willian José, Adnan Januzaj

Barcelona XI (4-4-2): Marc-Andre Ter Stegen, Jordi Alba, Thomas Vermaelen, Gerard Piqué, Sergi Roberto, Andres Iniesta, Paulinho, Sergio Busquets, Ousmane Dembélé, Luis Suárez, Lionel Messi

PREDIKSI SKOR REAL SOCIEDAD VS BARCELONA

Walaupun Barca punya modal tren invincible alias tak terkalahkan sejauh ini di semua kompetisi plus 22 kemenangan dari 25 partai La Liga, faktor kerap loyonya mereka di Anoeta harus tetap diperhatikan. Pasalnya sebelum menang tipis 0-1 di ajang Copa del Rey musim lalu kubu Catalonia selalu gagal menang di Basque dalam 8 kesempatan melawat.

Jika hanya mengambil hasil dari La Liga di Anoeta maka hasilnya Sociedad sukses menang 4 kali dan seri di dua sisanya. Ini adalah bukti jika Barca memang tidak boleh meremehkan lawan yang selalu mereka kalahkan dalam tiga pertemuan terakhir ini.

Namun meski demikian Barca sebagai tamu bisa memanfaatkan Sociedad yang sedang tak bergairah menang di depan publiknya sendiri. Tren masing-masing 3 kemenangan, seri, dan kalah dari 6 partai kandang bukan sesuatu yang bisa dibanggakan oleh Txuri Urdin. Apalagi Barca juga tidak melemah kala main di markas lawan denga rekor 4 kemenangan dari 6 lawatan terakhir.

Untuk itu Sepakbola.com masih mengunggulkan sang favorit juara musim ini untuk mendulang poin penuh. Skor minimal 1-2 tampaknya cukup adil dengan mempertimbangkan Anoeta akan kembali menyusahkan.

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

Pep Guardiola: Manchester City Belum Menjadi Klub Besar Seperti Liverpool Atau Manchester United

PREDIKSI West Bromwich Albion vs Brighton And Hove Albion: Mana Tripoinmu The Baggies?