Laporan Keuangan 2017: PSSI Untung Rp3 Miliar Dan Targetkan Dapat Anggaran ‘Super Wah’ Pada 2018

Sepakbola.com, Tangerang – Salah satu agenda di Kongres Tahunan PSSI 2018 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/1), adalah menyebutkan laporan keuangan PSSI selama tahun 2017.

Seperti dilaporkan Dirk Soplanit, ketua Komite keuangan PSSI, mengatakan untuk tahun 2017 organisasi tertinggi sepakbola Indonesia ini surplus 3 miliar rupiah.

Menurut Soplanit, sepanjang 2017 PSSI mendapatkan total anggaran mencapai 110 miliar rupiah. Sementara untuk pengeluaran mencapai 107 miliar rupiah dengan rincian dana dialokasikan 95 miliar rupiah untuk biaya program kerja, lalu 12 miliar rupiah untuk biaya timnas.

“Sebagian besar pendapatan itu didapat dari liga. Ini memang tumpuan sumber PSSI, selain sponsor serta bantuan FIFA dan AFC. Sampai akhir tahun, ada surplus Rp 3 miliar,” kata Dirk Soplanit.

Namun Dirk menjelaskan jumlah pemasukan yang didapatkan PSSI secara keseluruhan masih belum diterima. Salah satunya yang terjadi dana dari sponsorship dan hak siar televisi di mana proses pelunasannya masih tersendat.

“Jadi untuk tahun ini PSSI baru mendapatkan 23 miliar rupiah. Untuk Rp17 miliar sisanya akan rampung pada 2018,” tambahnya.

Tak hanya laporan keuangan, PSSI juga sudah menargetkan jumlah pendapatan yang ingin mereka capai pada 2018. Soplanit membeberkan PSSI menargetkan bisa mendapatkan 225 miliar rupiah.

“Target pemasukan biasanya dari Liga, sisa dari dana sponsorship yang masih tersendat, bantuan pemerintah serta kegiatan-kegiatan kompetisi yang akan memberikan dampak pada sponsorship. Secara total kita ingin mencapai angka 225 miliar rupiah. Mengingat kita juga anggarkan biaya timnas, kompetisi, beberapa administrasi sebesar Rp 220miliar,” tegas Soplanit.

Komentari Artikel Ini