RESMI! Gelandang Barcelona Gabung Tim Turki Dengan Kesepakatan Pinjam 2,5 Tahun

Sepakbola.com, Barcelona – Arda Turan akhirnya setuju untuk meninggalkan Barcelona untuk kembali ke Turki untuk memperkuat Istanbul Basaksehir dalam kesepakatan pinjaman selama 2,5 tahun.

Basaksehir akan membayar Barca dalam beberapa faktor, termasuk jumlah penampilan dan gol yang nantinya Turan lakoni. Selain itu, seandainya Turan membawa trofi untuk tim akan ada tambahan nominal.

Walau demikian, Barca akan tetap bisa menjual Turan ke klub lainnya, sebelum kontraknya habis di Camp Nou pada 2020 mendatang atau tepatnya berakhirnya masa peminjaman tersebut.

Turan yang akan berusia 31 tahun di akhir bulan ini, bergabung dengan Barca dengan biaya 35 juta pounds pada 2015 dari Atletico Madrid. Ia didatangkan ketika klub tengah melangsungkan pemilihan presiden baru, di mana akhirnya Josep Maria Bartomeu yang meresmikannya, di saat itu pula Luis Enrique masih melatih Blaugrana.

Akan tetapi saat itu Barca masih berada di bawah sanksi transfer, sehingga Turan baru bisa membuat debutnya pada Januari 2016.

Selama 18 bulan kariernya di bawah Enrique, dia tampil cukup cemerlang, termasuk dua hattrick musim lalu. Tapi kebanyakan dari penampilannya hanya sebagai pemain pengganti saja. Dia kalah bersaing dengan nama-nama beken yang mengisi lini tengah Azulgrana seperti Sergio Busquets, Iniesta, dan Ivan Rakitic.

Berakhirnya masa depan Turan sudah bisa ditebak sejak awal musim, ketika Ernesto Valverde masuk menggantikan posisi Luis Enrique di musim panas kemarin. Turan sama sekali tak diberi kesempatan bermain di semua kompetisi musim ini.

Klub sebenarnya menimbang untuk menjualnya musim panas kemarin, namun dengan gaji besar yang dimilikinya tak ada tawaran serius yang masuk. Terlebih Turan sendiri meminta untuk bertahan di Catalan, dia masih ingin memperjuangkan tempatnya.

Basaksehir mengonfimrasikan di awal pekan ini bahwa mereka sudah menyetujui secara personal dengan Turan, tapi finalisasi persetujuan dengan Barca masih belum terjadi. Presiden klub Goksel Gumusdag bahkan sampai turun tangan untuk bernegosiasi, hingga pengumuman resminya baru terjadi akhir pekan ini.

Dengan adanya itu, Turan akan kembali ke tanah kelahiran, yang mana ditinggalkannya pada 2011 lalu ketika dia hijrah dari Galatasaray menuju Atletico Madrid. (Sumber: Barcablaugranes)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini