in ,

Resmikan Transfer Yerry Mina, Barcelona Makin Lengkapi Koleksi Pemain Manca Negara

Sepakbola.com, Catalonia – Telah diresmikannnya perekrutan Yerry Mina dari FC Palmeiras per Kamis (11/1/2017) lalu rupanya tidak cuma membuat skuat Barcelona semakin kuat namun juga memperkaya glosarium negara pemain yang pernah memperkuat klub berjuluk Los Cules tersebut. Mina rupanya berpeluang jadi pemain perdana asal Kolombia yang bisa mengenakan seragam biru-merah ala Barca di atas lapangan hijau.

Namun sebenarnya secara de facto Mina bukanlah pemain pertama dari Kolombia untuk Barca. Masih ada nama Lauro Gonzalo Mosquera yang pernah masuk dalam arsip La Blaugrana namun tidak tercaainya kesepakatan untuk bermain di laga kompetitif membuat Mina tampaknya akan merengkuh predikat yang pertama.

Mosquera sendiri adalah penyerang tim nasional Kolombia di ajang Copa America edisi 1957. Ia sempat melakukan trial di Barca tujuh tahun setelahnya saat klub masih ditangani legenda besar sekaligus topskorer kedua sepanjang masa setelah Lionel Messi, Cesar Rodriguez. Namun sayangnya ia gagal bergabung usai dalam laga uji cobanya Mosquera gagal membawa Barca menang atas Sabadell dengan skor akhir 4-2.

Duet masa depan Samuel Umtiti

Kembali ke Mina, defender 23 tahun tersebut benar-benar sepertinya akan memikul ekspektasi besar. Pasalnya, ia memang sudah diincar Barca setidaknya sejak dua musim terakhir sebelum akhirnya dibeli dengan harga 10,5 juta Poundsterling. Ia kemudian diikat dengan kontrak lima tahun plus klausul rilis senilai 90 juta Poundsterling.

Masih belum ada informasi nomor punggung berapa yang akan dikenakan oleh rekrutan kedua Barca setelah Philippe Coutinho dari Liverpool di Januari ini. Yang jelas situs resmi klub mengatakan jika presentasi serta pengenalan resmi akan segera diumumkan dan pastinya mengambil tempat di Camp Nou.

Bek sentral yang menjulang sampai 195 cm itu tampaknya akan jadi pengganti yang ideal bagi Javier Mascherano yang semakin dekat dengan transfer ke Tiongkok atau kepulangan ke Argentina. Selain itu ia juga bisa menjadi duet masa depan Samuel Umtiti di jantung pertahanan kala Gerard Pique tak lagi tangguh.

Selama karier profesionalnya yang sudah dititi semenjak berusia 19 tahun, Mina adalah pemain yang cukup berprestasi. Pemain yang awalnya dididik menjadi midfielder ini pernah menjadi kampiun Torneo Finalizacion (2014), Superliga Colombia (2015), dan Copa Sudamericana (2015) kala membela klub kebanggaan rakyat Bogota, Sante Fe, berikut trofi Serie A Brasil untuk Palmeiras (2016). (Sumber: fcbarcelona.com)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

winger Muda Bayer Leverkusen Leon Bailey

Winger Mudanya Diincar Banyak Klub Besar Inggris, Leverkusen Hanya Bisa Pasrah

megabintang barcelona

Apresiasi Karier Dan Kehidupan Lionel Messi, Desainer Fesyen Rancang Sepatu Unik Ini