in

Jokowi Akan Resmikan SUGBK Sebelum Indonesia Hadapi Islandia

Sepakbola.com, Jakarta – Direktur Jenderal Kementrian Umum Perumahan Rakyat, Sri Hartoyo memastikan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah bisa digunakan untuk laga uji coba Timnas Indonesia menghadapi Islandia, 14 Januari 2018.

Rencananya pada laga tersebut, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan stadion yang rencananya untuk digunakan pada Asian Games 2018 sebelum pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Islandia.

“Untuk SUGBK akan diresmikan tanggal 14 Januari hari Minggu jam 18.00 WIB dilanjutkan pertandingan antara timnas Indonesia melawan Iskandia. Sebelumnya mulai direnovasi dari 2016-17 dan sudah selesai dengan total anggaran Rp760 miliar,” ujar Hartoyo, Jumat (12/1) di acara jumpa pers jelang persiapan Peresmian Stadion GBK dan Pertandingan Timnas vs Tim Islandia.

Hartoyo juga menambahkan elemen stadion yang direnovasi dipastikan selesai. Seperti pemasangan single seat dengan kapasitas 76.152 kursi yang terdiri dari kursi umum, difabel, media, VIP dan VVIP. Lalu lintasan lari yang berstandar IAAF juga terpampang dengan rapi. Stadion ini juga berlabel smart stadion dilengkapi intenet wifi seluruh stadion dan sistem keamanan dengan cctv juga face recognition.

Tak hanya itu pemasangan rumput berjenis zoysia matrella juga dipastikan rampung beserta sistem drainase yang berstandar internasional, peralatan tata suara dan tata cahaya juga sudah selesai. Pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau dua kali lebih terang dari sebelumnya 1.200 lux juga dipastikan beres.

Tak kalah menarik adalah lampu-lampu LED warna warni yang kini sudah terpasang di sekitar stadion yang menambah kemegahan dari stadion yang pertama kali dibangun pada 1962 tersebut.

Sementara itu terkait rundown peresmian SUGBK oleh Presiden sebelum laga Indonesia melawan Islandia, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha mengatakan akan dilakukan secara sederhana. Namun dirinya belum bisa menyebutkan secara detail mengenai acara tersebut mengingat masih menunggu protokoler dari pihak kepresidenan.

“Di acara peresmian sendiri nanti PSSI dan Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendetailkan rundown-nya seperti apa, karena memang ada kaitan dengan protokoler dari Presiden yang kita tahu tidak mudah dari istana. Jadi kita masih menunggu,” ujar Ratu Tisha.
“Tapi yang jelas acara simpel, hanya peresmian saja di internal area VVIP, dan dilangsungkan pertandingan. Jadi tidak ada semacam show langsung karena memang kami tahu ini uji coba pertandingan pertama di SUGBK yang sama-sama kita harus test seperti apa, apa yang kurang, dan apa yang perlu diperbaiki,” sambungnya.

 

Zinedine Zidane Real Madrid

Eks Penggawa Real Madrid Dukung Zidane Pertahankan Jabatan Di Bernabeu

PREDIKSI Deportivo La Coruna vs Valencia

PREDIKSI Deportivo La Coruna vs Valencia: Misi Rebut Posisi Runner-up