in

5 Manajer Berkelas Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

gaji tertinggi

Sepakbola.com – Manajer merupakan seorang bos tim sepakbola, paling dihormati dan juga memiliki pekerjaan yang berat. Dia selalu diawasi pemilik klub dan media, ini pekerjaan yang paling berisiko dipecat di sepakbola.

Walau gaji mereka tidak selalu menjadi pusat perhatian seperti gaji pemain, beberapa menejer top mendapat gaji yang fantastis. Bahkan beberapa dari mereka gajinya tidak jauh berbeda dengan pemain kelas atas. Itu merupakan sebagian dari hasil kerja keras mereka. Berikut lima manajer dengan gaji tertinggi.

  1. Arsene Wenger (Arsenal)

Meski timnya tidak mengesankan musim ini tidak ada yang bisa menyangkal dia merevolusi sepakbola. Setelah menandatangani perpanjangan kontrak pada tahun 2017 Wenger kini menghasilkan 8,9 juta Poundsterling per tahun di Arsenal (sekitar Rp169 miliar).

Manajer terlama di Premier League saat ini; Wenger sudah melatih tim Prancis Nancy dan Monaco sebelum pindah ke Jepang untuk menakhodai Nagoya Grampus. Setelah bertugas sebentar di sana, dia ditunjuk sebagai pelatih Arsenal.

Pelatih berusia 68 tahun tersebut sukses di tahun-tahun awalnya, namun setelah pindah ke Emirates Stadium dari Highbury kesuksesannya mulai menurun. Sekarang di musim ke-21 bersama Gunners, Wenger diperkirakan memasuki tahun terakhirnya bersama Arsenal.

  1. Fabio Capello (Jinagsu Suning)

Capello salah satu dari banyak manajer berprestasi di liga teratas Cina. Dia ditunjuk pada tahun 2017 dan menghasilkan 8,98 juta per tahun di klub tersebut.

Pria 71 tahun tersebut kariernya dipenuhi trofi, memenangkan Liga Champions, Serie A dan La Liga. Setelah tampil mengecewakan bersama Rusia dan Inggris, legenda AC Milan tersebut bergabung dengan Liga Super Cina, mengambil alih Jiangsu Suning – berharap bisa membangun kembali karier menejerialnya.

Pelatih asal Italia tersebut bergabung dengan raksasa Cina pada periode terburuk mereka – di zona degradasi setelah kondisi yang buruk. Dia gagal memenangkan trofi untuk klub ini sampai sekarang, tetapi menyelamatkan mereka dari degradasi. Dia akan mencari musim yang bagus di tahun 2018 dengan harapan baru.

  1. Jose Mourinho (Manchester United)

Tidak diragukan lagi Mourinho salah satu manajer paling kontroversial dan paling sukses di sepakbola. Gaffer Manchester United ini mendapat gaji pokok 15 juta Poundsterling per tahunnya di luar bonus.

Pria asal Portugal ini menjadi assisten manajer di FC Porto dan Barcelona sebelum pindah ke Benfica pada tahun 2000. Mourinho menjadi sorotan setelah dia membawa Porto menjuarai Liga Champions pada tahun 2004. Keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini membawanya ke Chelsea dan sisanya dia menorehkan sejarah.

Mourinho mengambil alih Manchester United pada 2016 dari Louis van Gaal pada tahun 2016 dan baru saja menandatangani kontrak hinggga 2020 plus opsi memperpanjang selama satu tahun. Ini menegaskan dewan Manchester United memberikan kepercayaan pada manatan manajer Real Madrid tersebut. Mourinho memenangkan Liga Europa dan League Cup di musim perdananya bersama United dan mengincar lebih banyak lagi tahun berikutnya.

  1. Pep Guardiola (Manchester City)

Pep dianggap sebagai manajer terbaik dunia saat ini dan dia pantas mendapat gaji tinggi. Manajer asal Spanyol ini mendapat gaji 15,3 juta Poundsterling per tahun di Manchester City.

Guardiola sangat identik dengan Barcelona dan memulai kariernya di tim B Barcelona. Setelah tampil mengesankan dia ditunjuk sebagai manajer baru Barcelona dan membimbing klub ini melewati tahun-tahun tersuksesnya. Dia bergabung dengan Manchester City pada tahun 2016 setelah bertugas di Bayern Munich selama tiga tahun.

Guardiola mengambil alih City dan Manuel Pellegrini dan musim pertamanya tak terlalu baik. Namun, musim ini City tampil luar biasa dan merupakan tim paling menarik di Inggris. Diperkirakan mereka akan menjuarai Premier League tahun ini setelah meninggalkan jauh rival-rivalnya.

  1. Marcelo Lippi (Timnas Tiongkok)

Satu lagi orang Italia di daftar ini dan dia merupakan pelatih dengan gaji tertinggi sekarang. Lippi sudah melatih berbagai macam tim selama kariernya dan sekarang dia mendapat 18 juta per tahun bersama timnas Tiongkok.

Pria 69 tahun tersebut memulai karier manajerialnya pada tahun 1982 bersama Sampdoria di Serie A dan setelah itu dia memimpin Napoli, Juventus dan Inter Milan sebelum memenangkan Piala Dunia bersama Italia pada tahun 2006.

Manajer yang pernah memenangkan Liga Champions ini ditunjuk sebagai pelatih timnas Tiongkok usai sukses bersama Guangzhou Evergrande. Tiongkok tereliminasi di kualifikasi Piala Dunia, tetapi mereka mencapai final AFC Asian Cup dan berharap akan terus memperkuat diri.

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

pemain terbaik

Tiga Kriteria Untuk Jadi Pemain Terbaik Piala Presiden 2018

Jelang Reuni Southampton, Van Dijk Disarankan Waspadai Sambutan Fans Lawan