Marco Reus Pantas Dapatkan Respek Lebih Ketimbang Cristiano Ronaldo Dan Lionel Messi, Apa Alasannya?

Sepakbola.com, Dortmund – Sikap pantang menyerah dan selalu bisa bangkit setiap kali mendapatkan cedera dianggap sebagai aset yang berharga dalam karier Marco Reus. Saking seringnya bisa pulih dari berbagai cobaan, gelandang serang Borussia Dortmund tersebut dianggap pantas mendapatkan apresiasi lebih ketimbang dua pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Pendapat ini diutarakan oleh salah satu mantan pelatih pelatih Dortmund, Matthias Sammer. Ia yakin jika kondisi jatuh-bangun Reus seharusnya bisa menjadi pembelajaran untuk pemain manapun agar tidak mudah patah arang.

“Aku benar-benar kagum pada Marco dan punya respek mendalam padanya dengan situasi yang kerap ia jalani. Messi dan Ronaldo yang punya bakat layaknya dewa dan bisa bermain di level tertinggi dalam satu dekade terakhir memang layak diapresiasi namun Marco lebih dari itu,” tutur Sammer yang mengasuh Die Borussen untuk periode 2000-2004 itu pada Kicker.

“Apa yang dilalui Marco benar-benar merupakan pelajaran untuk hidup. Ia adalah panutan untuk banyak orang. Tidak pernah menyerah, bertahan, melewati masa sulit, dan terus menunjukkan dedikasi dalam pekerjaan. Itulah apa yang sebenarnya dimiliki seoarng Marco Reus,” tambah pria 50 tahun yang juga pernah menjabat sebagai direktur Bayern Munchen tersebut.

Selalu absen di turnamen akbar

Reus dalam kariernya memang kerap kali diterpa badai cedera. Sejak 2009/2010 setidaknya ada 41 kasus cedera yang dialami oleh penggawa tim nasional Jerman tersebut. Yang namanya problem pada hamstring, tulang tumit, osteitis, ligamen, lutut, infeksi, jaringan otot, metatarsal, sampai retak dan patah semuanya sudah akrab pada tubuhnya.

Hal tersebut membuat Reus kadang terlupakan jika ia juga termasuk dalam generasi emas Jerman. Ia adalah bintang berbakat yang masih satu angkatan dengan Mesut Ozil, Manuel Neuer, Sami Khedira, Mario Gotze, dan Jerome Boateng. Alasan apa lagi jika bukan karena cedera yang menghalanginya untuk tampil di ajang-ajang akbar seperti Piala Dunia, Piala Eropa, atau Piala Konfederasi. Untuk laga persahabatan dan kualifikasi pun pemain berjuluk Woodyinho ini sering absen. Capsnya bersama Timnas Jerman sejak 2011 baru berjumlah 29. Sebagai pembanding Ozil sudah mengoleksi 88 caps untuk Der Panzer.

Apabila bisa bebas dari cedera mungkin Reus tidak akan berkiprah di Bundesliga saat ini mengingat dahulu ia dilabeli sebagai wonderkid. Tidak kurang dari klub-klub Premier League seperti Manchester United, Arsenal, dan Liverpool juga Real Madrid dari La Liga pernah diisukan ingin merekrutnya. Sayang tubuhnya serapuh kaca sehingga mungkin malah akan makin sering cedera di Inggris yang punya tipikal permainan lebih keras.

Namun ajaibnya Reus selalu bisa bangkit dan pulih untuk kemudian bermain kembali layaknya pemain yang baru sembuh dari cedera biasa. Pada musim 2017/2018 ini eks Borussia Monchengladbach tersebut baru bermain di empat partai kompetitif. Sejak musim lalu ia bergelut dengan cedera panggul dan ligamen lutut yang memaksanya parkir sampai Februari 2018. Tercatat sudah ada satu gol yang tercatat atas nama midfielder lincah 28 tahun ini. (Sumber: Goal)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini