in ,

Demi Barcelona, Philippe Coutinho Siap Jadi Warga Negara Portugal

Coutinho Warga Negara Portugal cotuinho-barcelona-brasil
Philippe Coutinho Sipa ganti warga negara demi Barcelona

Sepakbola.com, Barcelona – Gelandang mahal Barcelona, Philippe Coutinho mengatakan dia siap untuk menjadi warga negara Portugal demi membuka jalan pemain non-Eropa bergabung ke Blaugrana.

Coutinho merupakan satu dari tiga pemain non-Eropa Barcelona dan dia sekarang siap untuk tampil di Piala Dunia Rusia 2018 untuk Brasil. Namun, kedepannya dia mengatakan siap untuk berganti warga negara bila terpaksa.

Klub Spanyol dibatasi hanya boleh memiliki tiga pemain non-Eropa, tetapi mereka punya banyak pemain incaran di Amerika Selatan dan tentunya ingin mendapat kesempatan. Dan Coutinho mengatakan siap membuka satu spot di Barca untuk pemain non-Eropa dengan cara berubah kewarganegaan menjadi Portugal.

Tak melepas kewarganegaraan Brasil

Saat wawancara dengan Mundo Deportivo, mantan pemain Liverpool ini menjelaskan bagaimana jalannya dia bisa mendapatkan kewarganegaraan Portugal.

“Ya, saya bisa mendapatkan kewarganegaaran itu melalui istri saya,” kata Coutinho dikutip dari express.co.uk (13/2).

Istri Coutinho, Aine berkebangsaan Portugal dan dia memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi warga negara Portugal karena sudah menikah selama tiga tahun. Kewarganegaraan Portugal bisa didapat tanpa harus melepas kewarganegaraan Brasil. Sehingga dia akan tetap membela Brasil di Piala Dunia 2018 dan akan mengubah status warga negaranya untuk keperluan administrasi klub.

Banyak negara Eropa memang memperbolehkan kewarganegaraan ganda bagi yang memenuhi syarat tertentu. Metode sama ditempuh Luis Suarez pada 2014 tak lama setelah dia bergabung dengan Barcelona. Suarez juga mengambil kewarganegaraan Italia melalui sang istri, Sofia Balbi. Langkah Suarez membuka satu spot untuk pemain non-Eropa bagi klub asal Catalan tersebut.

Arthur
Barcelona butuh slot pemain non-eropa untuk mendatangkan Arthur Melo dari Gremio.

Paulinho dan Yerry Mina adalah dua pemain non-Eropa Barcelona selain Coutinho saat ini. Ketiga pemain tersebut membuat Barca tak lagi unya sisa kuota pemain non-Eropa. Dengan mendorong Coutinho untuk mendapatkan kewarganegaraan Portugal berarti mereka bisa mendatangkan gelandang Brasil, Arthur Melo dari Gremio di musim panas ini. (Sumber: express.co.uk)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Alexandre Lacazette striker Arsenal absen Liga Europa

Operasi Lutut, Striker Arsenal Terancam Absen Tujuh Pertandingan

Klub Indonesia Di Ajang AFC Cup

Ini Daftar Rentetan Kekalahan Telak Klub Indonesia Di Ajang AFC Cup