Gelandang Manchester City Kritik Cara Aubameyang Tinggalkan Borussia Dortmund

Sepakbola.com, Manchester – Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan mengkritisi cara yang dlikakukan Pierre-Emerick Aubameyang untuk meninggalkan Borussia Dortmund dan bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer Januari.

Aubameyang dilaporkan mengajukan transfer request kepada Dortmund, sebelum The Gunners membayar mahar 56 juta pounds yang menjadi kesepakatan untuk mendatangkan striker 28 tahun ke Emirates. Nominal yang menjadikannya sebagai transfer termahal klub sepanjang sejarah.

Sementara itu Dortmund sebenarnya mencoba untuk mempertahan Aubameyang setidaknya hingga akhir musim 2017-18. Klub kontestan Bundesliga itu merasa terpaksa untuk menjual Auba karena sikap buruk pemain yang ditunjukkan berkali-kali sebelum akhirnya dilepas.

Gundogan yang pindah dari Dortmund ke Manchester City pada musim panas 2016, mempertanyakan cara yang ditempuh mantan rekan setimnya itu untuk hengkang. Ia un berharap mantan timnya bisa terus eksis meski ditinggal banyak pemain andalan.

“Saya tidak tahu apakah saya bisa melakukannya seperti yang dilakukan Auba,” kata gelandang internasional Jerman itu kepada SportBild.

“Saat itu saya juga dikritik karena niat terbuka saya untuk keluar dari BVB. Reaksi fans bisa saya pahami sedikit. Tapi saya ingin jujur dan selalu memberikan segalanya untuk klub.”

“Kedua pihak setuju dengan solusi yang diambil, meski Dortmund telah kehilangan banyak pemain yang sangat bagus. Saya sangat berharap sekarang kedamaian sudah pulih. Karena Anda membutuhkannya untuk bisa sukses di Bundesliga.”

“Semua perdebatan itu tentu tidak kondusif bagi performa tim. Sebagai pemain yang Anda ikuti, jika Anda membaca hal-hal negatif di koran setiap hari, maka itu adalah beban. Itu adalah halangan untuk mendapatkan performa penuh.”

Yakin Dortmund lolos ke Liga Champions

Meski klub lamanya banyak ditinggalkan bintang-bintang utama, Gundogan masih sangat yakin Dortmund bisa mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan. BVB saat ini nagkring di posisi empat klasemen Bundesliga dengan jarak sangat rapat dengan tim di atas maupun di bawahnya.

“Saya tetap bertaruh bahwa BVB akan lolos ke Champions League. Alangkah baiknya jika saya melihat Dortmund di sana lagi musim depan.”

Die Borussen memang dalam kondisi compang-camping musim ini. Mereka terdampar di posisi keempat klasemen, setelah sempat di posisi teratas di awal musim. Kini mereka tertinggal 19 poin dari Bayern Munchen yang nampaknya akan memenangkan Bundesliga untuk keenam kalinya secara beruntun.

Sedangkan Aubameyang sukses lakoni debutnya bersama Meriam London dengan satu gol, dalam kemenangan telak 5-1 atas Everton akhir pekan kemarin. (Sumber: Metro.co.uk)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini