Ilkay Gundogan: Premier League Lebih Seru Ketimbang Bundesliga

Sepakbola.com, Manchester – Ketatnya kompetisi dengan banyak klub yang berkesempatan bersaing menuju zona Liga Champions, membuat Ilkay Gundogan lebih menyukai Premier League ketimbang Bundesliga. Gelandang asal Jerman tersebut juga secara terbuka menyebut Bayern Munchen terlalu berkuasa di negara asalnya.

Sejak pertama kali digelar samapi format liga berubah menjadi Bundesliga pada 1963/1964 silam, Bayern memang sangat mendominasi. Terhitung sudah ada 27 gelar yang dikoleksi Die Roten termasuk yang mereka raih pada lima musim terakhir. Mereka jauh meninggalkan FC Nurnberg yang baru punya sembilan titel.

Tim yang terakhir bisa mengganggu monopoli Bayern adalah Borussia Dortmund pada 2010/2011 dan 2011/2012. Saat itu mereka masih ditangani oleh Jurgen Klopp. Namun setelah itu Die Borussen malah menurun dan Bundesliga kembali dikuasai oleh Bayern.

“Tidak banyak yang bisa dilihat di Bundesliga. Kebanyakan tim memilih untuk bermain aman demi menghindari kesalahan. Jarang ada yang mau mengambil inisiatif,” papar Gundogan yang sebelum pindah ke Manchester City berkiprah di Bundesliga bersama Dortmund.

“Bayern adalah Bayern. Klub yang punya kualitas tinggi dan bisa menjaganya selama puluhan tahun. Sulit bagi klub lain untuk mengambil alih tampuk kuasa dalam beberapa tahun ke depan. Di Premier League justru sebaliknya karena banyak sekali kandidat juaranya. Di sini lebih seimbang,” tambah pemain berdarah Turki tersebut.

Ilkay Gundogan sempat meraih gelar Bundesliga, DFB Pokal dan DFL Super Cup selama berkostum Borussia Dortmund.

Saat ini keadaan di Bundesliga dan Premier League relatif sama dengan kompetisi sudah tampak berakhir sebelum waktu yang seharusnya. Ini dikarenakan Bayern dan Manchester City yang memimpin klasemen sementara punya perolehan poin yang jauh mengungguli para pesaingnya.

Bayern saat ini punya 56 poin unggul 18 poin dari RB Leipzig runner-up musim lalu. Sementara Manchester City dengan 72 poinnya unggul 16 angka dari Manchester United. Namun bagi Gundogan situasi ini tetap menunjukkan keseimbangan karena musim ini The Citizens hanya bermain lebih baik dari biasanya.

“Di City semua orang bisa bikin gol karena kami bermain lebih efisien di depan gawang. Pelatih (Pep Guardiola) punya filosofi yang jelas lapangan dan juga pandai mengatur banyak tipe pemain. Ia selalu inginkan sepak bola menghibur,” sambungnya lagi. (Sumber: ESPN FC)

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini