in

Ini Daftar Rentetan Kekalahan Telak Klub Indonesia Di Ajang AFC Cup

Klub Indonesia Di Ajang AFC Cup

Sepakbola.com, Jakarta-  Kekalahan telak 1-3 Bali United kontra Yangoon United menambah daftar catatan kelam klub Indonesia di kompetisi AFC Cup. Sejatinya skor 1-3 tidak terlalu telak namun cukup mengejutkan mengingat pada 2014 silam Persipura Jayapura sukses menenggelamkan Yangoon United dengan skor 9-2.

Bila laga Selasa (13/2) Serdadu Tridatu menurunkan tim utama pastinya ceritanya akan berbeda. Bisa dipastikan Serdadu Tridatu bisa memenangkan laga mengingat secara kualitas Yangoon United jauh dibandingkan dengan Indonesia.

Namun sejauh ini memang ada beberapa klub yang tampil melempem di turnamen kedua antar klub Asia. Bahkan diantara mereka jadi bulan-bulanan terutama ketika bertemu dengan tim yang kualitas jauh diatas Indonesia. Berikut kami rangkum kekalahan telak klub Indonesia di Kompetisi AFC Cup.

1. South China 6-3 Persiwa Wamena

Persiwa Wamena tidak bisa menghindari kekalahan 6-3 ketika melawan ke markas tim Hongkong South China pada ajang Piala AFC 2010. Kala itu tim asal Papua ini harus tumbang melalui duet pemain asing South China Tales Schütz dan Leo yang masing-masing mencetak dua gol. Persiwa sendiri hanya mampu mencetak tiga gol lewat Rumaropen, Mambrasar, dan Erick Weeks

Selama di babak penyisiha Persiwa hanya sanggup meraih satu poin hasil dari sekali seri dan lima kekalahan di grup yang dihuni South China (Hong Kong), Muangthong United (Thailand), dan VB Sports Club (Maladewa).

2. Persibo Bojonegoro 0-7 New Radiant

Hal itu terjadi di 2013, Persibo Bojonegoro menjadi klub Indonesia yang meraih hasil terburuk di ajang AFC Cup setelah digunduli klub Maladewa New Radiant 0-7 di Stadion Manahan, Solo. Sebelumnya tidak ada klub negeri ini yang menderita kekalahan dengan skor setebal itu.

Bahkan menariknya selama menjalani fase grup, Laskar Angling Dharma mencatatkan diri sebagai klub yang kebobolan paling banyak di AFC Cup.

Persibo dalam enam pertandingan Grup F mengalami kebocoran 34 gol dan hanya memasukkan lima. Jumlah yang sangat fantastis dan rata-rata tiap pertandingan kebobolan 5,6 gol per pertandingan. Sedangkan dari produktifitas, Persibo hanya mencatat 0,8 gol per laga.

Hasil Persibo di AFC Cup 2013:

Yangon United vs Persibo3-0

Persibo vs New Radiant 0-7

Persibo vs Sun Hei SC 3-3

Sun Hei SC vs Persibo 8-0

Persibo vs Yangon United 1-7

New Radiant vs Persibo 6-1

3. Arema 0-4 Al Ettifaq (Agregat)

Pada tahun 2012, Indonesia diwakili Arema Indonesia dan berhasil lolos ke babak 16 besar mewakili Grup H sebagai Runer Up grup, mendampingi Kelantan FA sebagai juara grup.

Di babak 16 besar, Arema berhasil menang 2-0 (1-0) atas tuan rumah Kitchee SC Hongkong di Tseung Kwan O Sports Ground, Hongkong. Namun langkah Arema harus terhenti di babak 8 besar setelah ditaklukan oleh Al Ettifaq (Arab Saudi) dengan skor agregat 4-0. Kekalahan Arema sebenarnya tidak termasuk kekalahan telak mengingat Singo Edan masing-masing kalah dua gol (2-0) saat main tandang dan kandang.

4. Persipura Jayapura 0-6 Al Qadsia

Di tahun 2014, kiprah Persipura Jayapura sangat luar biasa di Piala AFC. Mereka mencatatkan klub pertama asal Asia Tenggara yang menembus fase semifinal.

Namun impian Persipura Jayapura melaju ke final Piala AFC digagalkan oleh Al-Qadsia SC. Juara Liga Super Indonesia 2013 itu kalah dalam pertandingan yang berjalan di Stadion Mandala, Selasa, 30 September 2014, dengan skor telak 6-0.

Walhasil, Persipura kalah dengan agregat 10-2, setelah pada laga pertama menyerah 4-2. Sepertinya langkah Persipura memang dimaklumi mengingat klub asal Kuwait ini memang selalu jadi langganan untuk lolos ke final dan memang kualitas jauh dibandingkan Indonesia.

Coutinho Warga Negara Portugal cotuinho-barcelona-brasil

Demi Barcelona, Philippe Coutinho Siap Jadi Warga Negara Portugal

Juventus vs Tottenham Hotspur Tampil Dominan Di Kandang Juventus

Pochettino Puji Tim Spurs Yang Mampu Tampil Dominan Di Kandang Juventus