Lima Klub Indonesia Yang Digandeng Apparel Kelas Dunia

Sepakbola.com, Jakarta – Apparel merupakan salah satu elemen penting untuk sebuah klub sepak bola. Menjalin kerja sama dengan apparel yang tepat, klub bisa menghemat anggaran untuk memproduksi jersey mereka selama semusim.

Di eropa misalnya, banyak apparel top saling sikut guna memasang logonya di jersey klub tersebut. Seperti Manchester United, Barcelona, Real Madrid dan masih banyak lagi, mereka bekerja sama dengan apparel kelas dunia seperti Adidas dan Nike.

Kini pasar klub Indonesia makin banyak dilirik apparel kelas dunia untuk bekerja sama. Apalagi klub-klub Liga 1 dengan basis suporter yang luar biasa jadi sasaran empuk untuk mengembangkan bisnis mereka di Indonesia.

Berikut sepakbola.com rangkum deretan apparel kelas dunia yang menggandeng klub Liga 1 musim ini.

1. Borneo FC – Nike

Klub berjuluk Pesut Etam membuat gebrakan dengan merangkul apparel kelas dunia, Nike. Apparel asal Amerika Serikat itu akan menyuplai seragam resmi maupun latihan serta oficial untuk musim 2018. Menariknya mereka akan menyuplai seluruh tim baik level senior maupun junior.

Desain bernuansa simpel dengan didominasi warna oranye yang merupakan identitas Kota Samarinda akan digunakan sebagai jersey home. Sementara jersey tandang berwarna hitam. Sedangkan jersey putih-oranye menjadi pilihan ketiga.

Sebelum terjun di Liga 1 2018, Borneo FC akan terlebih dulu mengenakan jersey terbaru mereka pada Piala Gubernur Kalimantan Timur, 18 hingga 28 Februari 2018.

 

2. PSM Makassar – Umbro

. Galeri foto PSM Makassar vs Bali All Star. #EwakoPSM #psmmakassar

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar) on

Umbro jadi apparel kelas dunia yang serius merambah bisnisnya ke Liga 1. Tak tanggung-tanggung ada tiga klub Liga 1 yang disponsori. Dan salah satunya PSM Makassar.

Umbro rencananya menjadi mitra PSM Makassar selama dua tahun ke depan. Kerja sama kedua pihak juga menandai berakhirnya dukungan perusahaan asal Spanyol, Kelme, yang menyediakan perlengkapan tim pada musim 2017.

CEO Umbro Indonesia, Ryan Gozali menyebutkan desain jerseynya akan mengkombinasikan standar desain global jersey dengan kearifan lokal Makassar. Untuk warna jersey di Liga 2018 nanti PSM akan menggunakan tiga warna, yakni merah, putih dan biru.

 

3. Barito Putera- Umbro

Selain PSM, Barito digandeng oleh band apparel asal Inggris Umbro. Kerjasama berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Dengan terjalinnya kerjasama ini, Umbro akan menyediakan seluruh perlengkapan apparel klub berlujul Laskar Antasari ini. Tak hanya itu, kerjasama ini juga menandakan Barito sebagai klub pertama asal Indonesia yang bekerjasama dengan apparel internasional.

Nantinya untuk jersey home masih didominasi warna kuning. Akan tetapi menurut CEO Umbro Indonesia, Ryan Gozali mereka akan nantinya meluncurkan edisi khusus untuk ulang ke 30 Barito Putera pada April mendatang.

 

4. Bhayangkara FC -Umbro

Juara Liga 1 2017 Bhayangkara FC memastikan kerjasama dengan Umbro, sebuah merk apparel asal Manchester Inggris, yang berdiri sejak 1924. Sayangnya untuk info detail mengenai warna jersey masih dirahasiakan oleh pihak Umbro.

Namun CEO Umbro Indonesia Ryan Gozali menegaskan kerja sama ini sangat strategis karena Bhayangkara FC merupakan satu kekuatan baru yang penting di poros utama sepak bola Indonesia. Baginya tim berjuluk The Guardian berpotensi mempertahankan gelar juara Liga 1.

“Bhayangkara FC adalah salah satu aktor penting di level tertinggi sepak bola Indonesia saat ini. Status sebagai juara Liga 1 2017 menegaskan hal itu. Bersama klub-klub lain, Bhayangkara FC kami pandang sebagai salah satu elemen penting yang bisa kian mengembangkan sepak bola Indonesia ke arah yang lebih ideal. Umbro bangga bisa menjadi salah satu kontributor di dalam upaya itu,” papar Ryan.

 

5. Mitra Kukar – Joma

Mitra Kukar menyatakan kesetiaan bersama Joma. Ya, tim berjuluk Naga Mekes tersebut tetap akan bekerja sama dengan apparel Joma untuk Liga 1 2018.

Artinya, Joma yang merupakan perusahaan perlengkapan dan peralatan olahraga berbasis di Spanyol itu tetap sebagai pemasok perlengkapan dan kostum bagi Mitra Kukar. Kerja sama dengan Joma sudah terjalin sejak 2014.

Manajemen Mitra Kukar memercayakan Joma karena produknya sangat berkualitas. Selain itu, Joma selalu mendengarkan keinginan klub dan tidak pernah terlambat memasok kebutuhan tim.

Komentari Artikel Ini