PREDIKSI FC Basel vs Manchester City: Waspada Atmosfer Liga Champions

Sepakbola.com, Basel – Manchester City akan kembali beraksi di Liga Champions pada hari Rabu (14/2) dini hari. Mereka bertandang ke markas klub Swiss, Basel untuk leg pertama 16 besar. Manchester City perlu waspada dengan atmosfer kompetisi elite Eropa ini.

Basel peserta yang rutin Liga Champions dan dalam 10 tahun terakhir mereka dua kali lolos ke babak 16 besar (musim 2011/2012 dan 2014/2015). Mereka punya pengalaman yang kuat di kompetisi ini. Musim lalu mereka hanya sampai fase grup dan gagal transfer ke Liga Europa. Sekarang mereka kembali lagi ke 16 besar dan performa mereka di liga domestik sangat apik.

Manchester City gagal di fase ini musim lalu, musim pertama Pep Guardiola, tetapi tentu musim lalu dan musim ini City jauh sekali berbeda. Kekuatan City tak terbendung, mereka unggul 16 poin di puncak klasemen  Liga Inggris dan hampir tak terkalahkan dan belum ada tanda-tanda penurunan.

Pep mengatakan Liga Champions kompetisi yang berbeda dan itu pesan kepada pemainnya agar tak pernah anggap remeh siapa pun lawan di kompetisi ini. Atmosfer Liga Champions tak jarang membuat klub besar kesulitan.

PEMAIN KUNCI

Dimitri Oberlin

Prediksi FC Basel vs Manchester City
Prediksi FC Basel vs Manchester City

Striker 20 tahun, tetapi memberikan penampilan menakjubkan di Liga Champions. Dia tampil di keenam partai grup mereka, termasuk dua pertandingan dari bangku cadangan, tetapi striker asal Swiss ini sudah menyumbangkan empat gol. Untuk pemain seusia dia memberikan empat gol di Liga Champions tentu sesuatu yang fantastis. Di liga domestik dia juga mencetak empat gol dari 16 pertandingan.

Kevin De Bruyne

Prediksi FC Basel vs Manchester City
Prediksi FC Basel vs Manchester City

De Bruyne saat ini maestro City. Aguero juga mengakui hattricknya melawan Leicester berkat ketajaman dan kecerdasan gelandang asal Belgia ini. Guardiola tak henti-henti memuji De Bruyne musim ini. Tujuh gol dia cetak di Premier League dan ditambah 14 assist. Di liga Champions dia mencetak satu gol dan tiga assist. Apalagi yang dibutuhkan De Bruyne untuk disebut sebagai gelandang serang terbaik saat ini?

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Dua pemain Basel Germano Vailati dan Luca Zuffi tak bisa tampil pada laga ini karena cedera, tetapi ini bukan masalah serius untuk klub asuhan Raphael Wicky. Mereka sudah mengatasi ini terlihat dari hasil liga domestiknya – mereka menang 2-0 di kandang FC Thoune. Sedangkan Manchester City agak lebih sulit, Fabien Delph, Gabriel Jesus, Leroy Sane masih cedera. Pep cukup di pusingkan dengan keadaan ini karena dia butuh rotasi pemain untuk membuat pemainnya tetap bugar.

Basel (4-4-2): Vaclik; Petretta, Alvarez, Suchy, Lang; Elyounoussi, Xhaka, Die, Stocker; van Wolfswinker, Oberlin

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko; De Bruyne, Fernandinho, Gundogan; B. Silva, Aguero, Sterling

PREDIKSI

Basel merupakan tim yang yang memiliki pengalaman di Liga Champions, terakhir kali bertemu dengan tim Premier League mereka mengalahkan Manchester United di St. Jakob-Park pada fase grup musim ini. Ini menjadi tanda mereka tim yang sulit untuk dikalahkan di kandangnya.

Walau begitu di kompetisi domestik lima laga kandang terakhir mereka kalah tiga kali dan menang dua kali. City tak perlu banyak diceritakan, mereka menggasak semua lawan-lawannya kandang maupun tandang. Di fase grup City kalah sekali dan menang lima kali, tetapi kekalahan tersebut setelah mereka memastikan diri menjadi juara grup, saat itu Guardiola menurunkan pemain lapis duanya.

Melihat kekuatan City saat ini di paruh kedua, mereka diprediksikan akan mengalahkan Basel dengan skor 2-0. City hanya perlu mengendalikan diri dengan atmosfer Liga Champions yang begitu berbeda dengan liga domestik, bagaimana dengan prediksi Anda?

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini