in

PREDIKSI Porto vs Liverpool: Pantang Remehkan Potensi Si Naga

PREDIKSI Porto vs Liverpool
PREDIKSI Porto vs Liverpool

Sepakbola.com, Porto – Kampanye Liverpool di ajang Liga Champions musim ini akan kembali dimulai pada Kamis (15/2) dini hari WIB, ketika menjajal kekuatan FC Porto di babak 16 besar. Dengan The Dragons adalah salah satu tim terkonsisten di Eropa saat ini, mampukah The Reds meraih hasil positif di Estadio do Dragao nanti? Simak prediksinya dari Sepakbola.com berikut ini.

Porto meskipun dari musim ke musim hanya sering dicap sebagai kesebelasan peramai kompetisi saja, namun pada 2017/2018 ini mereka punya kans untuk jadi kejutan. Sebabnya apalagi jika bukan performa mereka yang sangat apik di kompetisi domestik, Liga NOS. Dari 21 pekan yang sudah dimainkan skuat asuhan Sérgio Conceição tersebut mereka belum pernah kalah dan sukses merengkuh 17 kemenangan. Alhasil puncak klasemen bisa dikuasai meski Benfica dan Sporting Lisbon sebagai rival utama sudah tampil lebih banyak.

Di Liga Champions pun Iker Casillas dan kolega juga tampil oke. Tergabung dengan Besiktas, RB Leipzig, dan AS Monaco di fase grup Porto justru bisa mendapatkan tiket ke babak gugur meski awalnya tidak diunggulkan. Disana mereka hanya pernah tunduk dari Besiktas yang jadi juara grup. Setelah di dua musim terakhir hanya bisa mencapai 16 besar, mungkin inilah saat yang tepat untuk Sang Naga mengulangi langkah hebat mereka di 2004 kala menjadi juara dan di 2008 lalu saat semifinal mampu didaki.

Untuk Liverpool meski tidak termasuk dalam kategori tim yangpaling diunggulkan untuk menjadi juara namun mereka sangat mengesankan sejauh ini. Setidaknya sampai di fase grup. Mereka jadi salah satu tim tersubur dengan 23 gol dari enam matchday. Meski 14 diantaranya datang dari pembataian Maribor dan sempat ditahan oleh Sevilla dua kali namun The Reds tetaplah impresif.

Performa kesebelasan arahan Jurgen Klopp di Premier League juga tidak kalah oke. Setelah sempat kalah dari Swansea City yang disusul dengan didepan West Bromwich Albion di Piala FA, Liverpool kembali ke jalur positif dengan meraih tujuh poin dari tiga partai berikutnya. Setelah selalu gagal lolos ke delapan besar UCL sejak 2009 silam tim kebanggaan rakyat Merseyside ini sudah siap bangkit dan mengingatkan pada dunia jika mereka masih tim Inggris dengan jumlah trofi Si Kuping Besar terbanyak.

PEMAIN KUNCI

Vincent Aboubakar

PREDIKSI Porto vs Liverpool: Vincent Aboubakar
PREDIKSI Porto vs Liverpool: Vincent Aboubakar

Level kesuburuan Aboubakar yang fantatis sejauh ini mungkin adalah penyebab kenapa Porto begitu konsisten. Saat ini penyerang kekar 26 tahun asal Kamerun tersebut sudah mengemas 15 gol di Liga NOS dan 5 lainnya di Liga Champions. Apabila ditambahkan dengan kompetisi lain seperti Piala Taca de Portugal maka pemakain jersey bernomor 9 ini total sudah mencetak 24 gol di 2017/2018. Apabila bisa fit sampai hari H dan duetnya dengan Mousa Marega di lini depan tetap dipertahankan maka Aboubakar bisa jadi ancama serius bagi gawang Liverpool yang dijaga Simon Mignolet atau Loris Karius.

Mohamed Salah

PREDIKSI Porto vs Liverpool: Mohamed Salah
PREDIKSI Porto vs Liverpool: Mohamed Salah

Jika sudah membicarakan laga besar maka pemain Liverpool mana lagi yang paling bisa diandalkan lebih dari Mo Salah?. Winger kidal Mesir tersebut sejauh ini sudah menjadi pemain tersubur kedua di Premier League dengan 22 golnya. Di Liga Champions pemain 25 tahun itu juga tetap trengginasi dengan membukukan 5 gol yang hanya tertinggal satu gol dari Roberto Firmino yang jadi topskorer Merseyside Merah di fase grup.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN FC PORTO VS LIVERPOOL

FC Porto XI (4-4-2): Casillas, Telles, Marcano, Reyes, Pereira, Brahimi, Oliveira, Herrera, Corona, Aboubakar, Marega

Liverpool XI (4-3-3): Karius, Robertson, Dijk, Matip, Alexander-Arnold, Chamberlain, Henderson, Wijnaldum, Mané, Firmino, Salah

PREDIKSI SKOR FC PORTO VS LIVERPOOL

Jelang laga ini Porto pastinya sedang harap-harap cemas menunggu hasil tes kebugaran sejumlah pemain utamanya. Setelah dipastikan akan tanpa Felipe yang mendapatkan suspensi, mereka masih ragu apakah bisa menurunkan Ivan Marcano dan Danilo Pereira atau tidak. Abiaubakar pun sebenarnya sempat diberitakan mengalami cedera ringan sebelum ini.

Hal ini bisa saja jadi keuntungan bagi Liverpool. Meski juga harus berurusan dengan absennya Emre Can (suspensi) dan Joe Gomez (cedera) namun mereka masih punya pengganti yang lumayan dalam diri Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold. Jadi Sepakbola.com cukup yakin jika tim tamu yang akan pulang dengan kepala tegak.

Rekor pertemuan kedua kesebelasan juga menunjukkan Liverpool lebih unggul. Terakhir kali berjumpa di fase grup edisi 2007 lalu Si Merah total mampu mencatatkan dua kemenangan dan dua hasil imbang dari empat duel dengan Si Biru-Putih.

Porto masih tidak akan diuntungkan dengan rekan jejak mereka saat bersua dengan tim Inggris. Dari 38 kesempatan mereka hanya bisa menang 8 kali dan kalah 18 kali. Meski demikian mereka masih boleh tersenyum karena Estadio Do Dragao masih cukup tangguh melawan wakil Premier League dengan menyediakan 8 kemenangan dan 6 imbang dari 17 laga.

Namun demikian kami prediksi Liverpool yang bisa berpesta nantinya mengingat meski konsisten namun Porto belum bertemu dengan tim seperti sang calon lawan musim ini. Skor 1-2 menurut Sepakbola.com akan jadi hasil ideal.

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

PREDIKSI Real Madrid vs Paris Saint-Germain: Pertaruhan Sang Juara Bertahan

Ilkay Gundogan: Premier League Lebih Seru Ketimbang Bundesliga