in

Utang RB Leipzig Pada Red Bull Mencapai Rp1,57 Triliun

rb-leipzig-red-bull
Rb Leipzig berhutang besar pada Red Bull

Sepakbola.com, Leipzig – Jumlah utang klub Bundesliga Rb Leipzig kepada sponsor mereka meningkat drastis menjadi 83,164 juta Euro (sekitar Rp1,57 triliun) menurut majalah Jerman.

Bundesanzeiger yang diterbitkan Departemen Kehakiman Jerman mengatakan, klub tersebut menambahkan hutang 30 juta Euro – hutang sebelumnya sebesar 52,384 yang mereka dapatkan dari raksasa minuman energi Austria pada tahun 2015.

Lonjakan tersebut bisa dijelaskan Leipzig, mereka merekrut Naby Keita  – sekarang di beli Liverpool – Oliver Burke dan Timo Werner ditambah manajer Ralph Hasenhuettl sebelum musim lalu.

Keita pindah ke Liverpool musim depan dan mereka akan mendapat pemasukan 75 juta Euro. Leipzig merekrut Keita dari klub saudaranya RB Salzburg dengna harga 15 juta Euro di bulan Juli 2016.

Winger Skotlandia, Burke yang saat ini berada di West Bromwich Albion dibeli dari Nottingham Forest 15,2 juta Euro pada bulan Agustus 2016. Sedangkan Werner yang sekarang rutin dipanggil timnas usai bergabung dari Stuttgart dengna harga 10 juta Euro pada Juli 2016.

Secara keseluruhan RB Leipzig memiliki utang 97 juta Euro sementara itu gaji mereka juga meningkat dari tahun lalu dari 34 juta Euro menjadi hampir 54 juta Euro. Namun, juru bicara klub mengatakan mereka tidak peduli dengan lonjakan utang mereka.

“Pinjaman tersebut tidak sejalan dengan aset pemain dengan nilai pasar yang jauh lebih tinggi, itu ditunjukkan dengan Keita yang sangat mengesankan,” kata juru bicara klub kepada SID (8/2).

Leipzig saat ini duduk di posisi ketiga klasemen Bundesliga, kembali masuk ke jalur untuk mendapatkan tempat di Liga Champions. Bahkan mereka masih punya kesempatan untuk mengejar Bayern Munich yang memimpin dengan 18 poin.

Klub ini baru terlihat pada 2009 ketika Red Bull mendapat lisensi Liga Sepakbola Jerman (DFL) untuk mengakuisisi klub divisi lima yang sudah agak usang. Mereka mendapat empat kali promosi dalam waktu tujuh tahun dan bergabung ke papan atas Bundesliga pada musim 2016-2017, mereka finish sebagai runner-up serta lolos ke Liga Champions.

RB Leipzig gagal di Liga Champions, tetapi mereka turun ke Liga Europa dan akan menjamu Napoli di babak 32 besar hari Jumat pekan depan. (Sumber: sport360.com)

sanchez-united

Kerugian Rp400 Miliar Manchester United Tertolong Penjualan Jersey Sanchez

PREDIKSI Southampton vs Liverpool

PREDIKSI Southampton vs Liverpool: The Reds Ogah Kecewa Lagi