Belanda Butuh Regenerasi, Wesley Sneijder Pensiun Dari Timnas

Sepakbola.com, London – Wesley Sneijder pensiun dari timnas Belanda per Minggu (4/3) ini. Keputusan yang cukup mengejutkan dari pria yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Real Madrid, Inter Milan, dan Galatasaray ini diperkirakan adalah buntut dari keinginan De Oranje dalam melakukan regenerasi tim di era pelatih Ronald Koeman.

Padahal dari segi usia Sneijder belum terlalu uzur, 33 tahun. Setidaknya ia masih bisa membantu negaranya untuk lolos ke Piala Eropa 2020 mendatang namun tampaknya keputusan gelandang serang yang kini berbaju Al Gharafa di liga Qatar tersebut sudah bulat. Sneijder pun mengikuti jejak dari rekan-rekan seangkatannya seperti Robin van Persie dan Arjen Robben yang sudah tidak lagi melakukan tugas kenegaraan.

Diminta mundur

Pasalnya Koeman sendirilah yang ‘memintanya’ untuk berhenti berkostum oranye lagi karena KNVB, federasi sepakbola Belanda, ingin adanya penyegaran dalam tim. Hal tersebut memang wajar karena sejak menjadi runner-up di Piala Dunia 2010 dan juara ketiga di Piala Dunia 2014, prestasi tim yang pernah akrab dengan Total Foetball tersebut justru makin menurun.

“Saat aku pergi ke Qatar aku tahu jika karier internasionalku akan terkena dampaknya. Aku mengerti jika Koeman ingin memulai awal yang baru dengan pemain-pemain lain yang lebih muda,” papar Sneijder seperti yang dikutip oleh Sky Sports usai melakukan diskusi dengan Koeman di Qatar.

“Baik aku dan Koeman kami sama-sama terbuka dan baru saja melakukan percakapan yang menyenangkan. Aku menghormati pilihannya,” tambah pemain yang sampai pada Januari lalu masih merumput di Eropa bersama OGC Nice tersebut.

Sejak melakukan debut pada 2003 silam dalam sebuah partai persahabatan kontra Portugal, Sneijder sudah membela Belanda sebanyak 133 kali dan mencetak 31 gol. Piala Eropa 2004 adalah ajang akbar perdananya bersama De Oranje dan terus berpartisipasi di ajang-ajang lainnya sampai akhirnya gagal lolos di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Berkat jasa dan dedikasinya, KNVB merencanakan pertandingan testimonial untuk Sneijder yang biasa dilakukan sebuah negara kala penggawa seniornya pensiunnya. Masih belum diketahui waktu pasti dan siapa lawan yang akan dipilih oleh KNVB untuk kesempatan kali ini. (Sumber: Sky Sports)

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini