[TOP 5] Pemain Yang Punya Kans Gusur Duopoli Ronaldo-Messi di Ballon D’Or 2018

Sepakbola.com – Sejak Riccardo Kaka meraihnya pada edisi 2007 silam kala masih berkostum AC Milan, praktis anugerah Ballon d’Or hanya jadi ajang bagi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi beradu gengsi. Nyaris tidak ada tempat bagi pemain lain dan bagi mereka mengklaim posisi ketiga saja sudah merupakan prestasi tinggi.

Akan tetapi setelah didominasi oleh keduanya selama satu dekade ke belakang, edisi 2018 punya peluang besar menampilkan juara baru. Pasalnya situasi saat ini begitu mendukung untuk mewujudkan skenario tersebut.

Adanya Piala Dunia 2018 Rusia di musim panas mendatang membuat Ronaldo yang akan pergi bersama timnas Portugal dan Messi yang jadi jimat sangara Argentina tidak akan terlalu bisa leluasa menunjukkan bentuk terbaik mengingat di level internasional penampilan mereka masih naik-turun. Maka dari itu banyak pemain dari berbagai negara yang berkesempatan masuk nominasi via ajang yag satu ini.

Belum lagi jika memperhitungkan jumlah trofi level klub yang bisa diraih oleh CR7 dan La Pulga musim ini yang terbatas sehingga membuat persaingan untuk trofi bola emas jadi lebih ‘adil’. Saat ini Messi hanya tinggal bisa menjuarai La Liga serta Copa del Rey sementara Ronaldo bahkan cuma menyisakan Liga Champions dan belum ada satupun yang sudah dipastikan.

Maka dari itu tidak salah apabila Sepakbola.com memperkirakan akan ada banyak pemain yang punya peluang untuk mendongkel dominasi berkarat Ballon d’Or saat ini. Berikut lima di antaranya.

1. Harry Kane

Bomber internasional Inggris ini adalah salah satu penampil terbaik dan terkonsisten dalam beberapa musim terakhir. Sayangnya walau Kane sudah rajin meneror gawang tim-tim di Premier League dan Eropa diusianya yang baru 24 tahun ia kerap luput dari sengitnya perlombaan menuju Ballon d’Or akibat eksistensi Ronaldo dan Messi.

Bomber Tottenham Hotspur tersebut sejauh ini tampil brilian di 2017/2018 walau sempat terkendala sejumlah cedera. Dari 42 penampilan, eks Leicester City ini mampu mengemas 36 gol dan empat assist. Kane jelas masih punya peluang untuk meraih gelar top skorer Premier League sekaligus menjadi pemenang trofi bola emas yang baru andai bisa mengantar Inggris melaju jauh di Rusia nanti.

2. Robert Lewandowski

Salah satu kandidat kuat untuk meraih Ballon d’Or atau sekadar menembus tiga nominasi teratas. Alasannya apalagi jika bukan karena Lewandowski bersama Bayern Munchen untuk mencatatkan treble winners pada musim 2017/2018 ini.

Berbekal 36 gol plus dua assistnya di segala ajang, Lewandowski sukses membawa Bayern menjadi kampiun DFB Pokal dan Bundesliga. Semifinal Liga Champions pun sedang ditatapnya. Tidak aneh jika nantinya peyerang 29 tahun asal Polandia ini nanti akan bersanding dengan Ronaldo dan Messi sampai ke putaran akhir.

3. Kylian Mbappe

mbappe yakin psg

Mungkin benar jika Mbappe masih kalah pamor dengan Neymar yang jadi rekan setimnya di Paris Saint-Germain namun kami rasa ia punya kans untuk jadi lebih baik di Ballon d’Or edisi mendatang. Pasalnya walau Les Parisien hanya dominan di Prancis dan telah lama tereliminasi dari Liga Champions namun penyerang 19 tahun ini masih punya harapan di Piala Dunia.

Jika tidak mengalami cedera maka Mbappe 100 persen akan jadi bagian dari skuat Didier Deschamp yang pergi ke Rusia nanti. Tidak heran karena ia telah mencetak 21 gol dari 42 penampilan di segala level musim ini. Apabila sukses mengatarkan Les Bleus jadi juara maka mungkin eks AS Monaco ini benar-benar bisa melangkahi Messi dan Ronaldo.

4. Mohamed Salah

Bisa dibilang pemain yang satu ini adalah ancaman terbesar bagi duopoli Ronaldo-Messi. Potensi untuk itu telah terlihat dari bagaimana Salah memenangi tiga gelar Player of the Month EPL dan juga tiga Player of the Week UCL. Ini merupakan rekor bagi seorang pemain dalam satu musim.

Rekor golnya tidak perlu diragukan karena eks AS Roma dan Chelsea ini sudah punya 39 gol dan 11 assist dari 43 penampilan di segala ajang. Ia bahkan lebih tajam ketimbang Messi.

Soal trofi Salah masih berkesempatan menjuarai Liga Champions. Bersama Liverpool sang winger kidal ini sudah mencapai babak semifinal. Di Piala Dunia pun ia tidak akan menerima beban berat karena Mesir hanyalah underdog.

5. Kevin de Bruyne

Jika tidak ada Salah maka De Bruyne bisa jadi pemain terbaik liga Inggris musim ini tanpa pesaing sama sekali. Performa playmaker Manchester City tersebut memang patut diberi apresiasi musim ini dengan 11 gol berikut 19 assistnya di segala ajang.

Walau sudah tidak bisa mengangkat trofi Kuping Besar di 2017/2018 namun De Bruyne sudah mengalungi medali Premier League dan Piala Carabao. Bersama timnas Belgia pun peluangnya untuk juara di Rusia tidaklah kerdil. (Sumber: Sportskeeda)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus KIswanto

Komentari Artikel Ini