PREDIKSI Atalanta vs AC Milan: Berebut Tiket Liga Europa

Sepakbola.com, Bergamo – Kegagalan menyegel tiket Liga Europa via trofi Coppa Italia membuat AC Milan harus kembali meniti jalur Serie A. Akan tetapi ambisi untuk finis di posisi tujuh terbaik mereka dihadang oleh Atalanta yang punya misi serupa pada Minggu (13/5) ini di Atleti Azzurri d’Italia. Simak prediksinya dari Sepakbola.com berikut ini.

Berpartisipasi di Liga Europa musim ini Atalanta tidak menunjukkan rapor yang buruk. Walau akhirnya langkah mereka terhenti di babak 32 besar banyak yang mengakui jika mereka sebenarnya pantas bertahan lebih lama. Pasalnya di fase grup, Etrit Berisha dan kolega sempat dianggap tak punya peluang lolos karena tergabung dengan Olympique Lyonnais dan Everton, namun justru mereka bisa mematahkan prediksi sebagian besar orang.

Performa La Dea di Serie A pun tampaknya bisa membawa mereka kembali ke kancah Eropa musim depan. Walau banyak penggawa mereka yang dilepas pada awal musim, seperti Andrea Conti dan Franck Kessie yang dicomot Milan, namun mereka tetap bisa bertahan di tujuh besar. Dari 36 pekan yang sudah dilewati, Atalanta bisa mengoleksi 59 poin yang mana sudah bisa menduduki rekor terbanyak raihan dalam semusim mereka. Pada 2016/2017 capaian mereka adalah 72 poin.

Sementara itu awan mendung sedang melingkupi Milan dan San Siro. Kekalahan besar dengan skor 4-0 dari Juventus di final Coppa Italia dimana sehrusnya mereka bisa mendapatkan tiket Liga Europa otomatis menjadi penyebabnya. Andai bisa menjadi juara seharusnya Il Rossoneri sudah bisa sedikit bersantai karena salah satu target mereka musim ini sudah tercapai plus diganjar trofi.

Namun Hakan Calhanoglu cs yang masih sempat melaju ke babak 16 besar Liga Europa sebelum didepak Arsenal masih bisa berharap pada dua giornata tersisa. Dengan posisi ketujuh kini masih menyediakan tiket Eropa berhubung Juve menjadi juara Coppa membuat Milan masih punya secercah asa. Bila bisa mengemas enam poin sampai akhir musim maka sudah dipastikan malam Jum’at di kota mode masihlah semarak.

PEMAIN KUNCI

Musa Barrow

Striker 19 tahun asal Gambia ini mungkin adalah talenta muda paling hot yang ada di Serie A musim 2017/2018. Baru dipromosikan dari Atalanta Primavera pasca mencetak 26 gol dan tujuh assist dari 20 penampilan, Barrow pun tampak tidak kesulitan menyesuaikan diri dengan tim senior. Baru mencatatkan empat start di Serie A ia sudah mampu mengemas tiga gol dan sepasang assist. Jumlah ini jadi yang terbanyak di antara pemain Serie A lain sepantarannya. Tidak heran nama Barrow kemudian dikaitkan dengan Juventus. Pekan lalu ia menjadi pencetak gol bagi Atalanta saat menahan imbang Lazio 1-1 di Olimpico.

Leonardo Bonucci

Di saat Milan sedang dalam situasi genting seperti ini peran Bonucci sebagai kapten harusnya kian menonjol. Dengan mental juara yang sudah ia tempa saat masih bersama Juventus membuatnya bisa menyalurkan ketenangan pada rekan-rekannya yang rata-rata masih berusia muda.

Defender 31 tahun asal Italia tersebut juga sejauh ini jadi pemain yang paling banyak diturunkan oleh allenatore Gennaro Gattuso dengan 1890 menit. Ini membuat eks Inter Milan tersebut total sudah punya 3631 menit di semua ajang yang dihiasi dengan dua gol berikut satu assist.

PREDIKSI SKOR

Sejak mengalami periode merah pada awal tahun termasuk tiga kali digebuk Juve di dua ajang berbeda, disingkirkan Borussia Dortmund dari Liga Europa, serta sejumlah hasil imbang di Serie A, Atalanta telah bangkit. Dari sembilan partai terakhir La Dea sukses meraih enam kemenangan dan tiga lainnya diakhiri tanpa kekalahan.

Sedikit berbanding terbalik dengan Milan yang justru belum kembali ke bentuk terbaik mereka karena hanya punya dua kemenangan dari enam penampilan terakhir. Il Rossoneri bahkan sempat digembuk tim promosi sekaligu juru kunci musim ini, Benevento, dengan skor 0-1 di San Siro pada medio April lalu.

Milan makin terlihat tidak diuntungkan saja saat menengok laga tandang mereka kontra tim sepuluh besar. Mereka hanya punya satu kemenangan away dari sana. Saat jumpa tim yang berkompetisi di zona Eropa atau delapan besar hanya ada dua kemenangan total.

Namun Atalanta juga tidak boleh jemawa karena melawan tim top saja mereka masih kesulitan di kandang. Atleti Azzurri d’Italia belum sekalipun memberi tiga angka untuk skuat arahan Gian Piero Gasperini saat menghadapi mereka yang datang dari posisi sembilan keatas.

Sepakbola.com sendiri lebih condong menjagokan tuan rumah karena rekor mereka saat berduel dengan Milan sedang bagus-bagusnya. Dari delapan kesempatan di Serie A empat di antaranya berbuah poin penuh dengan tiga lainnya seri. Skor 2-1 kami rasa jadi hasil yang pas.

Siapapun yang menang pastinya akan membuat Fiorentina tertawa. Duduk di tangga ketujuh, La Viola dengan 57 poinnya bisa menyalip Milan (60) maupun Atalanta (59) jika menang di partai mereka sendiri. Terlebih karena Giovanni Simeone dkk juga punya defisit gol yang lebih baik ketimbang Milan (13:10).

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini