Roberto Mancini: Harapan Baru Tim Nasional Italia

Prestasinya sebagai pelatih cukup mengesankan terutama saat periode pertamanya melath Inter dan ketika ia menangani Manchester City. Bersama dua klub itu Mancini sukses meraih 10 trofi.

Sepakbola.com, Roma – Tim nasional senior Italia resmi memiliki pelatih baru. Adalah Roberto Mancini yang telah dipastikan menjadi pelatih anyar Gli Azzurri.

Italia tanpa pelatih kepala sejak pemecatan Gian Piero Ventura setelah kegagalan Gianluigi Buffon dan kolega melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu. Luigi Di Biaggio sempat menjadi pelatih interim Italia selama beberapa waktu. Namun, pada akhirnya Mancini yang dipilih menjadi pelatih kepala.

“Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengumumkan bahwa kami telah menyimpulkan kesepakatan dengan Roberto Mancini, yang akan memegang posisipelatih kepala dari tim nasional dan akan dipresentasikan secara resmi besok, Selasa, 15 Mei pukul 12.00 (waktu Italia) di Pusat Teknis Federal di Coverciano,” bunyi pernyataan dari FIGC.

Profil yang cocok

Sejak terdepaknya Ventura beberapa waktu yang lalu, nama Mancini memang masuk kedalam daftar calon pelatih baru Italia. Mancini masuk bersama nama-nama lain seperti Antonio Conte dan Carlo Ancelotti. Sebelum dipastikan menjadi pelatih anyar tim nasional Italia, Mancini sempat satu musim menangani klub asal Rusia, Zenit St. Petersburg.

Prestasi Mancini saat menjadi pelatih cukup mengesankan terutama saat periode pertamanya melath Inter dan ketika ia menangani Manchester City. Bersama dua klub itu Mancini sukses meraih 10 trofi.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, prestasi Roberto Mancini menurun drastis. Setelah meninggalkan Manchester City pada musim panas 2013, pelatih berusia 53 tahun ini hanya bisa meraih satu trofi yakni Piala Turki bersama Galatasaray.

Meski bisa dibilang cukup teruji saat menukangi klub, Mancini sama sekali belum memiliki pengalaman untuk menangani sebuah tim nasional. Menjadi pelatih tim nasional Italia adalah pengalaman pertama yang akan ia ajlani.

Menangani sebuah klub dan tim nasional tentu memiliki berbeda. Mancini akan butuh sedikit adaptasi untuk itu karena selama ini ia hanya menangani klub.

Butuh regenerasi

Selain itu Roberto Mancini juga dihadapkan pada tugas yang tak mudah. Italia di eranya harus melakukan regenerasi. Sudah saatnya bagi Mancini meninggalkan para pemain senior bekas juara Piala Dunia 2006 dan mulai memberi kesempatan untuk pemain muda di skuatnya nanti.

Namun, hal itu juga tak akan mudah. Italia saat ini dinilai tak memiliki terlalu banyak pemain bertalenta hebat seperti Spanyol, Prancis, atau Jerman. Pemain-pemain yang mereka miliki cenderung ada di level biasa saja.

Terlepas dari itu semua, Roberto Mancini adalah harapan baru bagi Italia. Harapan untuk memperbaiki prestasi yang terus menukik sejak meraih gelar juara di Piala Dunia 2006. (Sumber: Football Italia)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini