PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Argentina, Kesempatan Terakhir Messi

Islandia, Kroasia dan Nigeria akan menjadi lawan Argentina yang berada di grup neraka, Grup D Piala Dunia 2018.

Sepakbola.com – Argentina bisa dibilang beruntung lolos ke Piala Dunia 2018 ditambah dengan faktor Lionel Messi. Pada pertandingan terakhir melawan Ekuador Messi mencetak hattrick untuk membawa kemenangan 3-1. Di waktu yang bersamaan Chile yang menjadi saingan mereka kalah 3-0 dari Brasil sehingga Argentina unggul dua poin dan finish di posisi tiga kualifikasi zona CONMEBOL.

Argentina merupakan finalis Piala Dunia 2014, mereka kalah dari Jerman di partai terakhir. Argentina dua kali menjuarai Piala Dunia, tahun 1978 dan 1986. Sejak juara 1978 mereka tidak pernah absen di Piala Dunia lagi.

PELATIH: Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli kecewa Kegagalan Argentina taklukkan Venezuela
Jorge Sampaoli – Argentina

Sampaoli ingin meraih sukses di mana orang sebelumnya, Diego Maradona dan Alejandro Sabella gagal. Saat menjadi manajer Sevilla dia berhasil membangun tim ini menjadi tim kuat Eropa dan kemudian membawa Chile juara Copa Amerika dan Copa Amerika Centenario, keduanya mengalahkan Argentina. Sekarang dia melatih Argentina.

DAFTAR SKUAT

Penjaga gawang: N. Guzman (Tigres-UANL), W. Caballero (Chelsea), F. Armani (Piring Sungai).

Bek: G. Mercado (Sevilla), C. Ansaldi (Inter Milan), N. Otamendi (Kota Man), F. Fazio (AS Roma), M. Rojo (Man United), N. Tagliafico (Ajax), M. Acuna (Sporting Lisbon).

Gelandang: J. Mascherano (Hebei China Fortune), E. Salvio (Benfica), L. Biglia (AC Milan), G. Lo Celso (Paris St Germain), E. Banega (Sevilla), M. Lanzini (West Ham), M Meza (Independiente).

Penyerang: A. Di Maria (Paris St Germain), C. Pavon (Boca Juniors), L. Messi (Barcelona), P. Dybala (Juventus), G.Higuain (Juventus), S. Aguero (Man City).

STARTING XI TERBAIK: Formasi 4-4-2

Romero; Salvio, Otamendi, Fazio, Tagliafico; Lanzini, Mascherano, Lo Celso, Di Maria; Messi, Higuain

Kekuatan utama Argentina adalah serangan, Di Maria, Lanzini, Messi dan Higuain. Mereka juga punya kedalaman di lini ini karena masih ada Paulo Dybala Ever Banega dan Sergio Aguero. Namun, lini tengah mereka masih diperkuat Javier Mascherano yang sudah berusia 34 tahun dan bermain di Liga Tiongkok. Di lini belakang, Otamendi menjadi kunci karena rekannya, Fazio belum begitu terdengar namanya. Begitu juga full-back yang diisi Salvio dan Tagliafico.

PEMAIN BINTANG: Lionel Messi

Lionel Messi/Argentina

Musim ini Messi begitu luar biasa, dia membawa Barcelona juara LaLiga dan menjadi top skorer serta assist terbanya. Dia juga menyelamatkan Argentina untuk mendapat tempat di Piala Dunia dengan hattrick ke gawang Ekuador. Terakhir, Messi kembali hattrick pada pertandingan persahabatan melawan Haiti.

POTENSI RISING STAR: Paulo Dybala

Paulo Dybala/Argentina

Ini merupakan ajang pembuktian bagi Dybala karena dia digadang-gadang akan menjadi penerus masa depan Argentina. Musim ini Dybala agak menurun ditambah dengan gangguan cedera bersama Juventus, tetapi setelah fit dia kembali menjadi pemain penentu. Di usia 24 tahun, Dybala punya potensi menjadi penentu Argentina.

TARGET REALISTIS

Piala Dunia 2014 Argentina sudah membuktikan mereka penentang gelar yang serius dan kali ini masih seperti itu. Argentina memang terseok-seok di kualifikasi, tetapi Jorge Sampaoli berhasil memaksimalkan kualitas Messi. Tim ini bermain untuk Messi dan hasilnya positif. Berada di grup neraka bersama Islandia, Kroasia dan Nigeria, Argentina diperkirakan bisa lolos hingga ke final.

JADWAL PERTANDINGAN FASE GRUP

Sabtu (16/6/2018) pukul 20:00 melawan Islandia

Jumat (22/6/2018) pukul 01:00 melawan Kroasia

Rabu (27/6/2018) pukul 01:00 melawan Nigeria

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini