PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Iran, Usung Target Bertahan Selama Mungkin Di Turnamen

Menghadapi tim top macam Portugal dan Spanyol, Iran akan memanfaatkan pengalaman Carlos Queiroz, pelatih asal Portugal yang penah melatih di Liga Spanyol,

Sepakbola.com – Iran akan tampil di Piala Dunia 2018 sebagai kuda hitam dari Asia. Negara tersebut tergabung di Grup B bersama mantan pemenang Piala Dunia Spanyol, juara bertahan Piala Eropa Portugal plus wakil Afrika, Maroko.

“Berada di Rusia adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi sepak bola Iran. Kami telah mencapai ini melalui kerja keras dan pengorbanan. Itu akan mempertinggi rasa hormat dan istimewa yang kami rasakan di sini,” ujar manajer Iran Carlos Queiroz.

“Tim nasional Iran akan menikmati pertarungan dengan tim-tim terbaik dan menjadi bagian dari turnamen Piala Dunia yang fantastis ini. Kami tiba dengan semangat untuk menjaga impian kami bertahan selama mungkin dan kami berharap dapat memainkan peran kami untuk membuat Piala Dunia kali ini menjadi yang terbaik,” tambahnya.

PRESTASI DI PIALA DUNIA

Iran tidak memiliki prestasi yang membanggakan di turnamen Piala Dunia, namun itu tidak menghentikan mereka untuk berharap banyak di turnamen tahun ini. Mereka telah tampil sebanyak lima kali di Piala Dunia, dan merupakan tim yang berpotensi memberikan kejutan di turnamen kali ini.

PELATIH

Carlos Queiroz

Iran dilatih oleh Carlos Queiroz saat ini. Queiroz adalah mantan pelatih Real Madrid dan tim nasional Portugal di masa lalu. Pengalamannya sebagai pelatih di level tertinggi sudah tidak diragukan lagi, dan diharapkan itu bisa membantu Iran untuk berprestasi tahun ini.

Pengalaman Queiroz melatih di La Liga bisa memberikan gambaran baginya untuk bersaing dengan Spanyol di babak penyisihan grup. Begitu juga dengan Portugal yang merpakan negara asalnya. Dengan kekuatan strateginya, Iran juga bisa menjadi tim yang sulit ditembus di turnamen kali ini.

DAFTAR SKUAT

Kiper: Alireza Beiranvand (Persepolis), Rashid Mazaheri (Zob Ahan), Amir Abedzadeh (Maritimo).

Bek: Majid Hosseini (Esteghlal), Ramin Rezaeian (Ostende), Mohammad Reza Khanzadeh (Padideh), Morteza Pouraliganji (Alsaad), Pejman Montazeri (Esteghlal), Milad Mohammadi (Akhmat Grozny), Roozbeh Cheshmi (Esteghlal).

Gelandang: Saeid Ezatolahi (Amkar Perm), Masoud Shojaei (AEK Athens), Mehdi Torabi (Saipa), Omid Ebrahimi (Esteghlal), Ehsan Haji Safi (Olympiacos), Karim Ansarifard (Olympiacos), Vahid Amiri (Persepolis).

Striker: Alireza Jahanbakhsh (AZ Alkmaar), Mehdi Taremi (Al Gharafa), Sardar Azmoun (Rubin Kazan), Reza Ghoochannejhad (Heerenveen), Saman Ghoddos (Ostersunds), Ashkan Dejagah (Nottingham Forest).

STARTING XI TERBAIK

Iran XI: Beiranvand; Rezaeian, Puoraliganji, Montazeri, Mohammad; Hajsafi, Ezatolahi, Shojaei; Jahanbakhsh, Azmoun, Taremi.

PEMAIN BINTANG

Sardar Azmoun
SKUAT PIALA DUNIA 2018 IRAN
SKUAT PIALA DUNIA 2018 IRAN: Sardar Asmoun punya pengalaman bermain menghadapi pemain-pemain Eropa bersama Rubin Kazan.

Striker Sardar Azmoun adalah pemain yang banyak diharapkan di tim Iran saat ini. Meskipun dia belum tampil sangat konsisten untuk klub Rusia, Rubin Kazan, dia telah tampil tajam untuk Iran sejak menjalani debutnya pada tahun 2014.

Pemain berusia 23 tahun ini telah mencetak 23 gol dalam 31 penampilan untuk negaranya dan memiliki postur tubuh yang solid, yang memberinya kemampuan untuk memberikan banyak ancaman di udara.

POTENSI RISING STAR

Alireza Beiranvand
SKUAT PIALA DUNIA 2018 IRAN
SKUAT PIALA DUNIA 2018 IRAN: Alireza Beiranvand akan menjadi kunci Iran menahan gempuran lawan-lawan berat di Grup B.

Beiranvand adalah salah satu pemain yang menarik perhatian di tim Iran saat ini. Kiper kelahiran 1992 ini terbilang muda sebagai seorang kiper utama di tim yang tampil di turnamen sebesar Piala Dunia.

Namun itu tak membuatnya menjadi titik lemah bagi Iran. Sebaliknya, ia menjadi andalan Iran di lini pertahanan merkea. Posturnya yang tinggi memungkinkan dia untuk melakukan penyelamatan yang baik, dan jika dia dapat menangani bola rendah dengan baik, Iran bisa berharap banyak di Piala Dunia di Rusia.

TARGET REALISTIS

Iran tetap memiliki peluang untuk lolos dari babak penyisihan grup di Piala Dunia kali ini, namun tentu itu hal yang sangat berat karena Spanyol dan Portugal berpotensi untuk mengalahkan mereka. Hal yang bisa diharapkan oleh Iran adalah tampil kuat di lini pertahanan dan mengandalkan skema serangan balik mereka.

JADWAL PERTANDINGAN

Iran vs Maroko – 22.00 WIB, 15 Juni 2018

Spanyol vs Iran  – 01.00 WIB, 21 Juni 2018

Iran vs Portugal – 01.00 WIB, 26 Juni 2018

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini