PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Nigeria, Ingin Terlepas Dari Kutukan Argentina

Nigeria bergabung di Grup D Piala Dunia 2018. Tiga lawan Nigeria adalah Kroasia, Islandia, dan Argentina.

Sepakbola.com, Moskow – Nigeria lolos sebagai juara grup babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika dengan cukup mulus. Namun pasukan Super Eagles saat ini dihuni oleh skuat muda, dan sangat berbeda dengan skuat terakhir mereka di Piala Dunia Brasil.

Skuat mereka masih cukup rentan dan perlu adanya kekompakan untuk bisa meraih hasil yang diinginkan di turnamen sekaliber Piala Dunia. Karena sekali lagi mereka akan bertemu musuh langganan Argentina.

PRESTASI DI PIALA DUNIA

Prestasi terbaik Nigeria adalah lolos dua kali ke babak 16 besar, dan yang terakhir di Piala Dunia 2014 kalah 2-0 dari Prancis.

Dari tahun 1930 hingga 1990, Nigeria sama sekali tak pernah menyentuh babak putaran final. Barulah di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, mereka untuk pertama kalinya lolos ke penyisihan grup Piala Dunia.

Selama 14 tahun terakhir, hanya di Piala Dunia 2006 Super Eagles tak ikut berpartisipasi. Prestasi terbaik mereka hanyalah sampai ke babak 16 besar yang terjadi pada 1994, 1998, dan 2014. Memang hanya Ghana sejauh ini yang mampu mewakili Afrika sampai ke babak perempatfinal.

PELATIH: GERNOT ROHR

Gernot Rohr

Ditunjuk pertama kali sebagai pelatih Nigeria pada Agustus 2016 dengan durasi dua tahun kontrak. Semasa bermain dulu, dia menghabiskan 12 tahun karier di Bordeaux, hingga pernah menjadi pelatih dan membawa mereka mencapai Final UEFA Cup 1996, tapi sayang kalah di tangan Bayern Munchen.

Sementara untuk karier kepelatihannya di Afrika dimulai bersama Etoile Sahel dan memimpin tim nasional Gabin, Niger, dan Burkina Faso sebelum akhirnya menerima pinangan Nigeria.

DAFTAR SKUAT

Kiper: Francis Uzoho, Ikechukwu Ezenwa, Daniel Akpeyi.

Bek: William Troost-Ekong and Abdullahi Shehu, Tyronne Ebuehi, Elderson Echiejile, Bryan Idowu, Chidozie Awaziem, Leon Balogun, Kenneth Omeruo.

Gelandang: John Obi Mikel, Ogenyi Onazi, Wilfred Ndidi, Oghenekaro Etebo , John Ogu, Joel Obi.

Penyerang: Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho, Victor Moses, Odion Ighalo, Alex Iwobi, Simeon Nwankwo.

STARTING XI TERBAIK: FORMASI 4-2-3-1

Uzoho; Abdullahi, Troost-Ekong, Balogun, Idowu; Ndidi, Onazi; Iwobi, Mikel, Moses; Ighalo

PEMAIN BINTANG: VICTOR MOSES

Victor Moses 27 tahun

Bagi pendukung Chelsea mungkin mereka akan menyaksikan Nigeria dengan menyoroti satu sosok Victor Moses di Piala Dunia. Dia adalah pemain andalan mereka dalam dua musim terakhir, dan mengubah posisi bermainnya menjadi bek sayap kanan di bawah Antonio Conte.

Tapi bersama Nigeria, dia adalah pemain sayap kiri yang ditugaskan untuk membawa bola dari sisi serangan balik dan membentengi pertahanan sayap. Kualitas mencetak golnya bisa jadi senjata untuk menentukan nasib Super Eagles di Rusia.

POTENSI RISING STAR: ALEX IWOBI

Alex Iwobi 22 tahun.

Daya tarik Iwobi di Inggris pada tahun 2015 merupakan lonjakan performa paling signifikan selama kariernya. Dia adalah bintang muda Arsenal yang sering memberikan opsi penyerangan di sisi sayap kanan. Gerakan lincahnya kerap kali merepotkan pertahanan lawan, dan gol-gol terakhirnya ke gawang Argentina dan Inggris dalam laga uji coba semakin memperlihatkan bagaimana kualitasnya. Dia merupakan ancaman lain dari Nigeria di sisi sayap.

TARGET REALISTIS

Melihat daftar tim yang menjadi lawan mereka di penyisihan grup, ada kemungkinan besar Nigeria bakal tereliminasi sejak awal. Tetapi masih masuk akal bila mereka bisa mengatasi Kroasia dan Islandia untuk bisa lolos ke babak 16 besar, sebelum bertemu Argentina di laga penutupan. Semuanya bergantung kepada pertandingan pertama melawan Kroasia.

JADWAL PERTANDINGAN DI FASE GRUP D

Kroasia vs Nigeria, Minggu 17 Juni Pukul 02.00 WIB
Nigeria vs Islandia, Jumat 22 Juni Pukul 22.00 WIB
Nigeria vs Argentina, Rabu 27 Juni Pukul 01.00

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini