PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Portugal, Optimisme Sang Jawara Eropa

Bersama Sanyol, Portugal diunggulkan lolos dar Grub B Piala Dunia 2018 yang juga berisi Iran dan Maroko.

Sepakbola.com – Dipimpin oleh Cristiano Ronaldo yang tidak tertahankan, mencetak 15 gol di sembilan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, musim Portugal nyaris tanpa masalah dengan 9 kemenangan dalam 10 pertandingan. Ini menegaskan bahwa Selecao sedang mengalami masa keemasan saat ini.

Pelatih Fernando Santos telah memenangkan 16 dari 17 pertandingan kualifikasi yang dimainkan Portugal sejak ia mengambil alih kendali tim pada September 2014. Portugal melakukan perjalanan ke Rusia dalam kondisi optimis. Meski begitu ada kekhawatiran tentang usia para pemain bertahan seperti Pepe, Jose Fonte dan Bruno Alves yang memiliki usia gabungan lebih dari 100 tahun.

PRESTASI DI PIALA DUNIA

Portugal telah tampil di putaran final Piala Dunia FIFA pada enam kesempatan. Penampilan mereka yang pertama terjadi pada tahun 1966 di mana mereka mencapai babak semifinal.

Mereka akan membuat penampilan ketujuh mereka di putaran final di Piala Dunia Rusia kali ini, dan datang ke turnamen ini dengan berstatus sebagai juara bertahan Eropa, setelah mengalahkan Prancis di babak final Piala Eropa dua tahun lalu.

PELATIH

Fernando Santos
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL: Mengusung permainan efektif yang terbukti ampuh memberi Portugal gelar Piala Eropa 2016.

Setelah menggantikan Paulo Bento, sekarang Santos telah menjabat sebagai pelatih Portugal selama hampir empat tahun. Ia dapat dianggap sebagai pelatih terbaik dalam sejarah Portugal setelah berhasil mempersembahkan gelar EURO 2016.

Ia memiliki strategi permainan yang kokoh, yang memastikan Portugal tampil tangguh di lini belakang, dan efektif di lini depan. Kontraknya saat ini berjalan hingga 2020, dan ia berpeluang untuk kembali memberi sukses besar kepada timnya.

DAFTAR SKUAT

Kiper: Anthony Lopes (Lyon), Beto (Goztepe), Rui Patricio (Sporting Lisbon)

Bek: Bruno Alves (Rangers), Cedric Soares (Southampton), Jose Fonte (Dalian Yifang), Mario Rui (Napoli), Pepe (Besiktas), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Ricardo Pereira (Porto), Ruben Dias (Benfica)

Gelandang: Adrien Silva (Leicester), Bruno Fernandes (Sporting Lisbon), Joao Mario (West Ham), Joao Moutinho (AS Monaco), Manuel Fernandes (Lokomotiv Moscow), William Carvalho (Sporting)

Penyerang: Andre Silva (AC Milan), Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Gelson Martins (Sporting Lisbon), Goncalo Guedes (Valencia), Ricardo Quaresma (Besiktas)

STARTING XI TERBAIK

Portugal XI: Rui Patricio, Soares, Pepe, Bruno Alves, Guerreiro; Carvalho, Moutinho, Fernandes, Silva; Guedes, Ronaldo.

PEMAIN BINTANG

Cristiano Ronaldo
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL: Cristiano Ronaldo masih ada di level permainan tertinggi dan akan tetap jadi pemain kunci.

Siapa lagi yang akan diharapkan memberikan dampak terbesar di tim Portugal selain Cristiano Ronaldo. Pemain ini secara luar biasa mampu mempertahankan level bermainnya di level tertinggi di sepanjang musim ini.

Ia berhasil membawa tim Real Madrid meraih gelar Liga Champions ketiga secara berturut-turut, dan memasuki turnamen ini dengan kepercayaan diri tinggi. Dengan kondisi kebugarannya yang cukup ideal saat ini, Ronaldo akan menjadi ancaman bagi tim lawan Portugal.

POTENSI RISING STAR

Goncalo Guedes
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 PORTUGAL: Goncalo Guedes adalah tipe pemain yang bisa menjadi pembeda, sehingga berpotensi mengejutkan di Piala Dunia 2018.

Tidak ada jaminan bahwa Goncalo Guedes, 21 tahun, akan menjadi starter untuk Portugal di Piala Dunia, tetapi dia adalah pemain dengan kualitas yang fenomenal. Bermain dengan status pinjaman di Valencia musim ini, pemain sayap itu telah menjadi pemain paling menarik di tim Los Che.

Guedes adalah pemain sayap khas Portugal. Cukup beri dia bola, dan dia akan merusak pertahanan lawan seorang diri. Kemampuan terbaiknya adalah dribbling-nya yang dinamis. Berbekal kualitas teknik dan kontrol bola yang baik, ia bisa menciptakan ruang yang memungkinkannya untuk mengirim umpan-umpan penting ke kotak penalti.

TARGET REALISTIS

Portugal tergabung di Grup B bersama Spanyol, Maroko dan Iran. Target realistis mereka adalah mengamankan posisi puncak. Pesaing utama mereka adalah Spanyol, namun mereka saat ini memiliki kekuatan dan kepercayaan diri yang tidak lebih rendah dari tim itu.

JADWAL PERTANDINGAN

Portugal vs Spanyol – 01.00 WIB, 16 Juni 2018

Maroko vs Portugal – 19.00 WIB, 20 Juni 2018

Portugal vs Iran – 01.00 WIB, 26 Juni 2018

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini