PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Prancis, Modal Kedalaman Skuat Menakjubkan

Prancis diprediksi akan melenggang dari Grup C Piala Dunia 2018 yang juga diisi oleh Australia, Peru dan Denmark.

Sepakbola.com – Perancis berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 sebagai juara Grup A Zona Eropa. Mereka mendominasi grup ini dengan total 23 poin – unggul empat poin dari posisi kedua Swedia. Selain Swedia, Perancis juga bersaing dengan Belanda, Bulgaria, Luksemburg dan Belarusia untuk mendapatkan tempat di Piala Dunia Rusia.

Perancis merupakan tim yang bisa dibilang lengkap dari segala lini, hanya saja lini belakang mereka masih kurang dalam. Untuk tim utama, bek tengah tampaknya akan di isi oleh Samuel Umtiti dan Raphael Varane, tetapi untuk backup mereka mempercayakan kepada pemain muda, Lucas Hernandez 22 tahun (Atlatico Madrid) dan Presnel Kimpembe 22 tahun (PSG). Ini agak dilema karena Didier Deschamps juga memikirkan regenerasi Perancis sehingga tidak memanggil pemain seperti Laurent Koscielny.

Kekuatan utama Prancis ada di lini tengah hingga ke depan. Di lini tengah mereka punya N’Golo Kante, gelandang box-to-box terbaik saat ini, Paul Pogba dan satu lagi mungkin Blaise Matuidi. Lini tengah juga punya backup yang luar biasa, ada Thomas Lemar, Steven N’Zonzi dan Corentin Tolisso.

Mengarah ke lini depan semakin luar biasa, penyerang utama terdiri dari Antoine Griezmann, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe. Ini membuat Didier Deschamps banyak opsi, dia bermain bermain dengan dua striker atau tiga striker. Untuk pemain lapis dua ada Ousmane Dembele, Florian Thauvin dan Nabil Fekir.

PELATIH

Didier Deschamps
Didier Deschamps Prancis
Didier Deschamps – Prancis

Deschamps sudah melatih timnas Prancis sejak tahun 2012, tepatnya dia datang untuk untuk menyambut Euro 2012. Pada kesempatan pertamanya tersebut di turnamen internasional Prancis mencapai perempat final, mereka kalah 2-0 dari Spanyol yang menjadi juara pada saat itu.

Deschamps merupakan pelatih yang tidak asing lagi di dunia sepakbola. Sebagai pemain dia sudah bermain untuk Marseille, Juventus, Chelsea dan Valencia sebelum akhirnya pensiun. Setelah pensiun dia langsung melatih tim serius, Monaco. Empat tahun di Monaco dia kemudian melatih Juventus, sayangnya dia hanya satu tahun di sana, membantu Nyonya Tua promosi ke Serie A setelah mendapat hukuman karena kaus calciopoli.

Karier Deschamps cemerlang saat dia memimpin Marseille pada tahun 2009. Di musim pertamanya dia berhasil membawa klub ini juara Ligue 1 dan musim berikutnya mereka menjadi runner-up. Istirahat selama satu tahun Deschamps memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Fédération Française de Football (FFF) untuk menjadi pelatih timnas Perancis. Dan itu bertahan sampai sekarang, bahkan kontraknya masih sampai tahun 2020.

Di Piala Dunia 2014 Perancis masih berhenti di perempatfinal, saat itu mereka tumbang di tangan Jerman dengan kekalahan tipis 1-0. Di Euro 2016 Perancis mengalami kemajuan pesat di Euro 2016, mereka berhasil mencapai final. Mereka nyaris memenangkan pertandingan ini dan laga berakhir dengan 0-0 di waktu normal, tetapi Eder mengubah keadaan dengan golnya di menit 109.

DAFTAR SKUAT PRANCIS

Penjaga gawang: Alphonse Areola (PSG), Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Marseille).

Bek: Lucas Hernandez (Atletico Madrid), Presnel Kimpembe (PSG), Benjamin Mendy (Manchester City), Benjamin Pavard (Stuttgart), Adil Rami (Marseille), Djibril Sidibe (Monako), Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid)

Gelandang: N’Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuidi (Juventus), Steven N’Zonzi (Sevilla) Paul Pogba (Manchester United), Corentin Tolisso (Bayern Munich)

Penyerang: Ousmane Dembele (Barcelona), Nabil Fekir (Lyon), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Thomas Lemar (Monaco), Kylian Mbappe (PSG), Florian Thauvin (Marseille).

STARTING XI TERBAIK

Formasi 4-3-3: Lloris, Sidibe, Umtiti, Varane, Mendy; Matuidi, Kante, Pogba; Griezmann, Giroud, Mbappe

Dengan formasi seperti ini kekuatan utama Perancis adalah sisi lapangan, kecepatan dan skill individu Griezmann dan Mbappe

PEMAIN BINTANG

Antoine Griezmann dan Paul Pogba

Perancis punya segudang pemain bintang dari lini belakang sampai lini depan, namun nama yang benar-benar menojol saat ini adalah Antoine Griezmann. Striker Atletico Madrid ini menjadi bintang utama di timnya dan klub. Dengan dukungan Paul Pogba, Kylian Mbappe Griezmann bisa menjadi bintang utama di Piala Dunia kali ini.

 

Selain Griezman yang menjadi perhatian pada Piala Dunia kali ini adalah Paul Pogba. Bintang Manchester United sedang dinanti-nanti aksinya sebagai gelandang termahal dunia. Sayangnya, pada pertandingan pemanasan Piala Dunia dia tampil kurang memuaskan. Walau begitu Paul Pogba memang merupakan pemain yang berkualitas dan memiliki potensi untuk sukses di Piala Dunia.

POTENSI RISING STAR

Kyllian Mbappe

Selain bintang utamanya, Prancis juga punya bintang-bintang yang tampaknya akan bersinar di Piala Dunia kali ini. Untuk grup ini dipimpin Kylian Mbappe. Di lini tengah ada Tolisso 22 tahun dan bek Kimpembe 22 tahun.

Jika melihat penampilannya bersama PSG musim 2017-2018, Mbappe punya potensi besar masuk Starting XI dan menjadi bintang Prancis. Posisinya sebagai penyerang akan membuat Mbappe lebih menjadi pusat perhatian.

TARGET REALISTIS PRANCIS

Perancis punya peluang besar untuk menjadi juara grup. Di Grup C tim ini akan bersaing dengan Australia, Peru dan Denmark, tentu Perancis favorit. Bila tidak akan hal aneh yang terjadi dan mereka menjadi juara grup C langkah Perancis ke perempat final besar kemungkinannya. Dan dengan materi pemain seperti saat ini Perancis punya potensi untuk sampai ke final bahkan memenangkan Piala Dunia.

JADWAL PERTANDINGAN

16/6/2018 – Prancis Vs Australia, 17.00 WIB

21/6/2018 – Prancis Vs Peru, 22.00 WIB

26/6/2018 – Denmark Vs Prancis, 21.00 WIB

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini