PANDUAN SKUAT PIALA DUNIA 2018: Spanyol, Tim Yang Ingin Dihindari Messi

Di Piala Dunia 2018, Spanyol berada di Grup B. Andres Iniesta dkk akan bersaing melawan Portugal, Iran dan Maroko.

Sepakbola.com – “Saya tidak ingin menghadapi Spanyol di Piala Dunia 2018,” kata Lionel Messi. Dan pada akhir masa kualifikasi, tim lain pasti merasakan hal yang sama. Spanyol menempati posisi teratas di grup mereka, dan tampak berada dalam kondisi yang kuat untuk menjadi mengklaim gelar sebagai yang terbaik di dunia.

Kelolosan mereka disertai oleh keberhasilan mengalahkan Italia di Santiago Bernabeu. Di babak kualifikasi, mereka berhasil mengumpulkan 28 poin dan mencetak 36 gol, dan hanya kebobolan tiga gol.

PRESTASI DI PIALA DUNIA

Spanyol adalah salah satu dari hanya delapan negara yang pernah memenangkan Piala Dunia FIFA. Mereka berhasil menjadi yang terbaik di Piala Dunia 2010, di Afrika Selatan, di momen pertama kalinya mereka mencapai babak final.

Tim Spanyol merupakan salah satu tim yang paling sering hadir di putaran final Piala Dunia, di mana mereka ikut serta dalam 14 dari 20 turnamen. Spanyol mencapai babak semifinal pada 1950, dan mencapai babak perempat final sebanyak empat kali.

PELATIH

Julen Lopetegui (Dipecat)
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL: Berani meninggalkan pemain top seperti Alvaro Morata untuk memberi tempat pada pemain minim pengalaman internasional seperti Iago Aspas dan Rodrigo.

Diangkat setelah Piala Dunia terakhir, mantan pelatih U-21 itu secara berkala membuat perubahan pada tim nasional Spanyol dan memperkenalkan varian baru sambil memperkuat pengaruhnya.

Dia telah menunjukkan kesediaannya untuk membuka pikirannya terhadap alternatif lain, dan memanggil pemain yang tak terduga, baik yang berusia tua maupun muda, dan sejauh ini ia mampu membawa timnya meraih hasil yang baik.

Pada Rabu (13/6/2018), Federasi sepakbola Spanyol, RFEF, menunjuk Fernando Hiero untuk memimpin Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018. Hierro akan menggantikan posisi Julen Lopetegui yang dipecat gara-gara melakukan negosiasi diam-diam dan resmi diumumkan menjadi manajer anyar Real Madrid.

Fernando Hierro akan hadir di depan awak media di ruang konferensi pers Krasnodar Stadium bersama presiden RFEF, Luis Rubiales. Setelah itu ia akan langsung memimpin latihan perdana. Dan langsung menjalani debut sebagai entrenador Tim Matador di laga perdana kontra Portugal pada Sabtu (16/6/18) dini hari WIB.

Fernando Hierro Timnas Spanyol Pelatih Darurat Timnas Spanyol

DAFTAR SKUAT

Kiper: Pepe Reina (Napoli), David de Gea (Manchester United), Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao)

Bek: Nacho Fernandez, Sergio Ramos, Dani Carvajal (Real Madrid), Gerard Pique, Jordi Alba (Barcelona), Alvaro Odriozola (Real Sociedad), Nacho Monreal (Arsenal), Cesar Azpilicueta (Chelsea)

Gelandang: Andres Iniesta, Sergio Busquets (Barcelona), Saul Niguez, Koke (Atletico Madrid), Isco, Marco Asensio (Real Madrid), Thiago Alcantara (Bayern Munich), David Silva (Manchester City)

Penyerang: Iago Aspas (Celta Vigo), Rodrigo (Valencia), Diego Costa (Atletico Madrid), Lucas Vazquez (Real Madrid)

STARTING XI TERBAIK

Spanyol XI: David De Gea; Jordi Alba, Sergio Ramos, Gerard Pique, Cesar Azpilicueta; Koke, Thiago Alcanatara; Andres Iniesta, David Silva, Isco; Diego Costa

PEMAIN BINTANG

Andres Iniesta
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL: Di usia 34 tahun, Andres Iniesta masih menjadi andalan di lini tengah Tim Matador.

Andres Iniesta memang sudah tidak berusia muda lagi saat ini. Namun kualitasnya sama sekali belum menurun. Ia masih merupakan sosok yang sangat penting di tim nasional Spanyol, dengan kualitasnya sebagai nyawa permainan tim dan mentalitasnya sebagai pemenang.

Bersama dengan Isco, Iniesta akan menjadi kunci permainan Spanyol di lini tengah mereka. Kehadirannya menjadi alasan utama tim La Roja masih diperhitungkan sebagai salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia tahun ini.

POTENSI RISING STAR

Marco Asensio
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL
SKUAT PIALA DUNIA 2018 SPANYOL: Berpotensi menjadi bintang baru di Tim Matador.

Marco Asensio telah menarik perhatian bersama Real Madrid sejak tahun lalu, di mana ia beberapa kali menciptakan gol-gol penting di pertandingan besar. Dan tahun ini, ia memiliki kesempatan untuk unjuk gigi di pestas terbesar.

Sebagai pemain sayap, Asensio memiliki segalanya untuk menjadi pemain besar. Ia memiliki kecepatan yang sangat baik, kualitas teknik yang mengagumkan, dan insting mencetak gol yang tinggi. Menarik untuk melihat kiprahnya di Rusia.

TARGET REALISTIS

Target realistis untuk Spanyol di turnamen kali ini tidak lain adalah menjadi juara. Mereka memiliki kekuatan skuat yang sangat baik, dengan para bintang bertaburan di setiap lini tim mereka. Portugal menjadi rival mereka di babak penyisihan grup, dan jika mereka bisa meraih posisi puncak, itu akan menjadi awal yang baik bagi Spanyol untuk menjadi juara di Rusia.

JADWAL PERTANDINGAN

Portugal vs Spanyol – 01.00 WIB, 16 Juni 2018

Iran vs Spanyol – 01.00 WIB, 21 Juni 2018

Spanyol vs Maroko – 01.00 WIB, 26 Juni 2018

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini