PREDIKSI Jerman vs Meksiko: Langkah Awal Sang Juara Bertahan

Terakhir kali kedua tim bertemu adalah pada Piala Konfederasi 2017 dan skornya cukup mencolok yakni 4-1 untuk Jerman.

Sepakbola.com, Moscow – Laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 menghadirkan partai menarik, Jerman sebagai juara bertahan ditantang kuda hitam dari Amerika Utara, Meksiko. Mampukah Der Panzer meledak sejak awal atau justru El Tri yang bisa mencuri start apik? Simak prediksi Jerman vs Meksiko dari Sepakbola.com berikut ini.

Pada edisi Piala Dunia kali ini Jerman masih diperkuat dengan sisa-sisa generasi emas mereka yang terbentuk sejak 2008 dan sukses menjadi kampiun pada 2014 silam. Nama-nama seperti Lukasz Podolski, Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, atau Miroslav Klose memang sudah tidak ada. Namun di skuat saat ini masih bisa ditemukan Mesut Ozil, Manuel Neuer, Thomas Muller, serta Toni Kroos.

tu bukan berarti armada arahan Joachim Loew melemah karena regenerasi mereka luar biasa hebat. Para penggawa yang telah pensiun kini sudah bisa tenang karena Die Mannschaft masih bisa memanggil Joshua Kimmich, Julian Draxler, Leon Goretzka, juga Timo Werner. Talenta yang mengkilap di Premier League 2017/2018 lalu seperti Leroy Sane saja sampai kesulitan mendapatkan tempat.

Tidak heran jika kini Jerman masih berada dalam pot kandidat kuat juara. Memang sesi uji coba mereka masih memperlihatkan sejumlah kekurangan namun tren mereka sejak Piala Eropa 2008 yang tidak pernah gagal menembus semi final jangan diragukan lagi.

Sementara itu Meksiko seperti biasa masih dianggap sebagai penantang yang berpotensi mengejutkan. Tim Sombrero yang kini ditangani pelatih Juan Carlos Osorio punya peluang yang cukup besar lolos sampai ke fase knock-out mendampingi Jerman apabila bisa mengatasi penghuni Grup F lain yakni Swedia dan Korea Selatan.

Sejumlah penggawa kelas veteran seperti Rafael Marquez (145 caps), Guillermo Ochoa (94 caps), Andres Guardado (145 caps), dan Javier Hernandez (102 caps) tampak masih jadi tulang punggung tim ini. Nyaris tidak ada nama baru atau debutan di skuat Meksiko saat ini. Yang paling ‘segar’ mungkin hanya Edson Alvarez, Jesus Gallardo, dan Hirving Lozano yang belum sampai mengoleksi 30 caps.

Dibekali skuat dengan pengalaman tinggi bukan tidak mungkin El Tri akan bisa melaju jauh di Rusia. Terbukti dengan kesuksesan mereka menembus semi final dari turnamen pemanasan Piala Konfederasi lalu.

PEMAIN KUNCI

Timo Werner

Di era manajerial Loew Jerman memang tidak banyak memberi slot pada penyerang tengah. Di Piala Dunia 2014 lalu bahkan posisi ini hanya diisi oleh Klose seorang. Ini artinya Werner mendapatkan pengakuan dari sang pelatih karena nama-nama yang lebih senior macam Sandro Wagner dan Nils Petersen disingkirkannya.

Mario Gomez yang juga sempat jadi andalan pun hanya diplot sebagai pelapis Werner kali ini. Tentu saja bomber RB Leipzig tersebut tidak punya pilihan lain selain mencetak gol sebanyak mungkin untuk Der Panzer. Musim 2017/2018 lalu Werner tampil subur bersama Leipzig dengan 21 gol di segala ajang.

Dengan delapan gol dari 14 caps-nya saat ini tidak dipungkiri Werner adalah penyerang terbaik Jerman di Piala Dunia 2014. Usia yang baru menginjak 22 tahun memang bukan masalah besar baginya.

Giovani dos Santos

Pamornya di level klub sempat mengalami pasang dan surut saat berbaju Barcelona, Tottenham Hotspur, Galatasaray, atau Villarreal namun di Meksiko namanya dos Santos tetaplah harum. Terbukti di usianya yang baru 29 tahun gelandang serang kreatif ini sudah mengoleksi 104 laga internasional.

Saat ini namanya sudah jarang terdengar namun itu hanya karena ia merumput di MLS untuk La Galaxy. Bersama tim yang juga menaungi Zlatan Ibrahimovic tersebut dos Santos sudah memainkan 77 laga dan mencetak 25 gol sejak 2015.

Di Piala Dunia 2018 ini ia masih akan jadi andalan dibuktikan dengan nomor 10 yang terpampang di seragamnya. Alur serangan tim masih akan diputuskan dari umpan-umpan dos Santos.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Jerman XI (4-2-3-1): Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Jérôme Boateng, Mats Hummels, Jonas Hector, Sami Khedira, Toni Kroos, Thomas Müller, Marco Reus, Mesut Ozil, Timo Werner

Meksiko XI (4-1-4-1): Guillermo Ochoa, Carlos Salcedo, Hugo Ayala, Héctor Moreno, Jesús Gallardo, Héctor Herrera, Giovani dos Santos, Jonathan dos Santos, Andrés Guardado, Jesús Corona, Oribe Peralta

PREDIKSI SKOR

Sempat diganggu kabar cedera Ozil dan Jerome Boateng, tampaknya Jerman sudah siap untuk kembali tampil full-team di laga pembuka Grup F. Marco Reus yang akan menjajal Piala Dunia pertamanya juga bisa mendapat kepercayaan sebagai starter usai tampil apik di fase uji coba.

Dengan itu tidak heran jika kami rasa Jerman layak diunggulkan atas Meksiko. Terlebih sejarah lebih memihak pada wakil zona UEFA.

Sejak pertamakali bertemu di laga persahabatan pada 1968 lalu Jerman vs Meksiko sudah terulang sepuluh kali. Enam partai sukses dimenangkan oleh Der Panzer sementara El Tri cuma sekali yakni pada 1985 silam.

Kali terakhir mereka bertemu adalah pada Piala Konfederasi 2017 lalu dan skornya cukup mencolok yakni 4-1 untuk Jerman. Jika performa terbaik bisa diperlihatkan maka Sepakbola.com tidam terkejut jika Jerman bisa kembali berpesta dengan setidaknya dua gol tanpa balas.

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini