PREDIKSI Kosta Rika vs Serbia: Target Kembar Dampingi Brasil

Sepakbola.com, Samara – Tergabung bersama Brasil di Grup F Piala Dunia 2018 membuat tiga tim lain nyaris dipastikan akan saling hantam demi kelolosan via posisi kedua. Misi tersebut diemban baik oleh Kosta Rika maupun Serbia saat berduel hari Minggu (17/6) mendatang. Bagaimana peluang wakil Amerika Utara dab Eropa? Simak prediksi Kosta Rika vs Serbia dari Sepakbola.com berikut ini.

Walau bukan negara besar namun perlahan Kosta Rika menunjukkan eksistensi mereka lewat sepak bola. Sempat absen di 2010 Afrika Selatan lalu, Los Ticos kembali tampil pada edisi kali ini. Itu artinya negara penghasil kopi ini sudah kali keenam mengikuti pesta bola dunia empat tahunan.

Pencapaian tertinggi mereka tentu saja pada 2014 lalu kala sukses menembus perempat final. Padahal di babak grup Kosta Rika tergabung bersama Italia, Inggris, dan Uruguay. Ini salah satu alasan kenapa kita tidak boleh mencoret sang penghuni rangking 25 FIFA.

Layaknya peserta dari zona CONCACAF, Kosta Rika juga membekali diri dengan skuat yang super berpengalaman. Pemain dengan jumlah caps di bawah 30 hanya ada lima dalam armada arahan Oscar Ramirez. Sisanya adalah para kelas veteran dengan Keylor Navas dan Brian Ruiz sebagai bintang utama berkat pengalaman mereka merumput di Eropa.

Sementara itu Serbia bolehlah jadi negara dengan peringkat FIFA terendah di Grip E (35) namun mereka tidak pantas dijadikan non-unggulan. Justru bagi kami mereka adalah pendamping pas bagi Brasil menuju babak selanjutnya. Alasannya tentu saja komposisi skuat mereka yang menjanjikan.

Di Piala Dunia kedua mereka setelah berpisah dari Montenegro, The Eagles memanggil nama berpengalaman untuk dipadukan dengan pemain matang dan juga rising star yang tengah tenar. Siapa pula yang tidak tergiur dengan kombinasi Aleksandar Kolarov, Branislav Ivanovic, Dusan Tadic, Adem Ljajic, Nemanja Matic dan Sergej Milinkovic-Savic?.

Walau pencapaian terjauh mereka baru sampai fase grup pada edisi 2010 lalu namun Serbia sebenarnya punya gen raksasa. Saat masih tergabung bersama sejumlah negara balkan lain dalam nama Yugoslavia, dua semi final bisa mereka gapai. Tidak heran negeri yang kondang akan hasil pertanian raspberi ini selalu kaya akan talenta berbakat.

PEMAIN KUNCI

Keylor Navas

Meski belum banyak mengekspor pemain mereka ke liga-liga top Eropa namun Kosta Rika punya bintag kondang dibawah mistar gawang yakni Navas. Namanya mulai dikenal sejak membela Levante dan kini Real Madrid.

Kerap dipandang sebelah mata kiper 31 tahun tersebut justru punya prestasi yang membuat sipapun iri. Dalam CV-nya sudah ada sembilan trofi bergengsi termasuk satu trofi La Liga dan tiga gelar Liga Champions.

Sergej Milinkovic-Savic

Salah satu youngster yang penampilannya paling dinantikan di Rusia. Pasalnya Milinkovic-Savic belakangan ini kerap dicap publik sebagai pemain hibrida gabungan antara Yaya Toure dan Zinedine Zidane. Walau bertbung menjulang (191 cm) namun pemuda 23 tahun ini lincah dalam mengolah bola dan diberkati visi yang luas.

Bersama Lazio musim lalu, Milinkovic-Savic kantongi 48 penampilan dan turut menceta 14 gol dan enam assist. Kabarnya Manchester United dan Real Madrid berniat untuk segera menyegel tandatangannya di atas kontrak pasca Piala Dunia ini.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Kosta Rika XI (3-4-2-1): Keylor Navas, Kendall Waston, Giancarlo Gonzalez, Francisco Calvo, Cristian Gamboa, Celso Borges, David Guzman, Bryan Oviedo, Joel Campbell, Johan Venegas, Marco Urena

Serbia XI (4-2-3-1): Vladimir Stojkovic, Branislav Ivanovic, Nikola Milenkovic, Dusko Tosic, Aleksandar Kolarov, Nemanja Matic, Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic, Adem Ljajic, Filip Kostic, Aleksandar Mitrovic

PREDIKSI SKOR

Dalam sesi uji coba masing-masing kubu menuai hasil satu kemenangan dan satu kekalahan. Saat Serbia takluk atas Chile dan menang besar dari Bolivia, Kosta Rika sempat berpesta atas Irlandia Utara sebelu akhirnya ditekuk Inggris. Namun bagi mereka hasil pemanasan ini cukup bagus untuk menilai kelayakan pemain.

Belum pernah bertemu sepanjang sejarah, kami percaya jika Serbia akan lebih unggul. Komposisi skuat lagi-lagi yang jadi alasannya.

Andai bisa membuat Milinkovic-Savic sebaik saat di Lazio atau menyulap Kolarov setangguh di AS Roma maka Serbia kami yakin bisa menang dengan skor 2-1. Iklim yang tidak jauh berbeda antara kampung halaman mereka dan Rusia juga jadi faktor lain.

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini