10 Kandidat Pelatih Terbaik FIFA: Liga Inggris Empat Manajer, Liga Spanyol Tiga Entrenador

Tidak ada satupun nama pelatih yang menukangi kesebelasan dari Serie A dalam daftar nominasi tahun ini.

Claudio Ranieri masuk daftar kandidat pelatih terbaui dunia.

Sepakbola.com, Zurich – Badan sepakbola tertinggi di dunia, FIFA, telah merilis nama-nama pelatih yang menjadi nominasi peraih penghargaan pelatih terbaik 2016.

Dari 10 nama yang terdaftar, tiga nama berasal dari La Liga dan Liga Primer Inggris menyumbangkan empat figur.

Ranah matador punya trio Zinedine Zidane, Luis Enrique, dan Diego ‘El Cholo’ Simeone. Zizou berhasil mempersembahkan trophi Liga Champions musim lalu bagi Real Madrid dan Enrique membawa Barca kembali merajai kompetisi kasta teratas di negara semenanjung Iberia itu. Simeone walaupun tidak meraih satu pun gelar musim lalu, berhasil membuat Atletico Madrid klub yang diperhitungkan dengan membawa timnya ke final Liga Champions meski harus mengakui keunggulan Madrid.

Persepakbolaan negeri Ratu Elizabeth diwakili oleh Jurgen Klopp, Pep Guardiola, Mauricio Pochetino, dan Claudio Ranieri. Ranieri tentu dipilih karena berhasil mengobrak-abrik dominasi tim-tim kaya di Inggris dengan membawa Leicester City asuhannya menjadi kampiun musim lalu setelah bersaing ketat dengan Tottenham Hotspur yang ditukangi Pochetino.

Pelatih tim nasional juga tidak mau ketinggalan dengan terpampangnya nama Didier Deschamps, Fernando Santos, dan Chris Coleman. Ketiganya memang membawa negara besutannya melaju jauh di Piala Eropa 2016, Santos malah berhasil juara bersama Portugal dengan mengalahkan Walesnya Coleman dan mempecundangi Prancis asuhan Deschamps.

Seiring kemunduran liga Italia, tidak ada nama juru taktik asal Serie A. Allenatore Juventus, Massimiliano Allegri yang berhasil meraih dua Scudetto berturut-turut serta membawa Bianconerri sekali ke partai puncak Liga Champions Eropa pun tidak cukup membawa dirinya masuk nominasi. (Sumber : Intothecalderon)

Penulis: Izzudin Faruqi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini