5 Penyebab Barcelona Tak Pernah Menang Di Kandang Real Sociedad

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona belum pernah menang di kandang Real Sociedad, Anoeta, sejak 5 Mei 2007. Kali terakhir Barca menang di sana adalah ketika masih ditangani Frank Rijkaard.

Kala itu gol kemenangan Blaugrana diciptakan Samuel Eto’o dan Andres Iniesta. Setelah itu, selama bermusim-musim Barcelona selalu gagal meraih hasil sempurna di ranah Basque. Situs berita olahraga asal Spanyol, Sport, punya analisisnya.

Kalender

Kalender pertandingan punya peran penting terhadap melempemnya Barca kala bertamu ke Anoeta. Di musim 2010-11 Barcelona bermain di sana di antara dua pertandingan yang sangat penting, semifinal pertama dan kedua di ajang Liga Champions melawan Real Madrid. Hal itu memaksa Guardiola menurunkan starting XI yang lemah. Kala itu Pinto, Fontas, Montoya dan Jeffren main sejak awal. Sociedad yang kala itu dilatih Philippe Montanier pun menang 2-1.

Musim berikutnya Barcelona kembali keok di Anoeta. Kali ini yang menjadi sebab utamanya adalah virus FIFA karena pertandigan itu berdekatan dengan jeda internasional. Ketika itu Barca harus bermain tanpa para bintangnya.

Di musim 2013-14 bersama Tata Martino, Barcelona juga kembali kalah di Anoeta dengan skor yang lumayan telak, 1-3. Kala itu jadwal padat yang menghantui skuat Barca kembali jadi kambing hitam. Kondisi yang sama juga terjadi di musim lalu ketika pasukan Lusi Enrique harus menyerah 0-1 dari La Real.

Rotasi

Untuk beberapa alasan pelatih Barcelona melakuakn rotasi pemain ketika menyambangi Estadio Anoeta. Tata Martino, misalnya, mencoba Alex Song sebagai gelandnag serang. Pep Guardiola menempatkan Messi dan Villa di bangku cadangan. Luis Enrique juga memaksa Messi, Neymar dan Alves menghangatkan bangku cadangan pada tahun 2015. Hal tersebut membuat Barcelona selalu kalah di Anoeta.

“Secara pribadi saya pikir ada tiga perjalanan away di mana pelatih tidak harus melakukan rotasi, San Sebastian, Bilbao dan Pamplona,” kata wartawan Mikel Recalde.

“Karena mereka tim yang berakar di kota-kota mereka dan orang-orang mereka, dan ketika mereka menjadi tuan rumah melawan tim besar, mereka tumbuh menjadi berbahaya. Mereka menciptakan suasana yang sangat istimewa. “

Keuntungan Di La Liga

Belakangan jika ditelisik Barcelona selalu dalam keadaan nyaman ketika menyambangi markas Real Sociedad. Di musim 2010-11, Barcelona unggul delapan poin dari Real Madrid di posisi kedua. Hal yang sama juga dialami tim asuhan Tito Villanova di musim 2012-13. Bahkan kala itu Barca unggul jauh dari peringkat dua Atletico Madrid dengan jarak 11 poin.

La Real Raja Comeback

Real Sociedad adalah tim yang naik dan turun prestasinya dalam beberapa tahun terakhir, dengan tim yang bisa dibilang kurang berkualitas, tetapi mereka selalu memiliki hal yang sulit ditaklukan ketika bermain Anoeta. Melawan Barcelona mereka telah menjadi raja comeback. Pada tahun 2011 mereka menang 2-1 setelah Thiago Alcantara membuka skor.

Di musim 2011-12 Barcelona unggul 2-0 dan kemudian berakhir menjadi 2-2. Sejarah berulang di musim 2012-13. Barcelona unggul 2-0 dengan gol dari Messi dan Pedro, tapi Chory Castro dan Agirretxe membawa tuan rumah menyamakan kedudukan.

Perbedaan Laga Home dan Away

Dalam beberapa tahun terakhir Real Sociedad sangat mudah dikalahkan Barcelona ketika pertandingan dilaksanakan di Camp Nou. Namun, La Real menjadi sangat kuat di Anoeta. Hal ini mungkin membuat pemain Barcelona sedikit merasa bahwa mereka sudah memenangan pertandingan sebelum berangkat ke Anoeta di San Sebastian. (Sumber: Sport)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini