[VIDEO] Selamat! Kiper Terbaik Dunia Ini Rayakan 21 Tahun Debut Penampilan Profesionalnya

Gianluigi Buffon berhasil mengiprahkan sejarah sebagai salah satu kiper terbaik dunia pada debutnya 21 tahun silam.

Sepakbola.com, Italia – Memulai debutnya di Parma pada umur 17 Tahun pada 19 November 1995, Gianluigi Buffon berhasil mengiprahkan sejarah sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Pria kelahiran Carrara, Italia ini membuktikan sebuah konsistensi dalam dunia profesional sepakbola. Debut perdananya lebih dari dua dekade lalu melawan Milan sudah menunjukkan bakat nya. dia berhasil menahan gempuran bomber top Milan, termasuk Roberto Baggio serta George Weah. hasil akhir 0-0 juga mencatatkan cleansheet pertamanya.

Gianluigi Buffon kiper terbaik Italia
Gianluigi Buffon berkostum Parma
Buffon Kiper Terbaik Dunia
Gigi Buffon pernah tampil beda dengan rambut blonde.

Buffon dulunya sama sekali tidak membayangkan akan bermain di posisi kiper. ‘ Saya mulai bermain, seperti yang anak – anak lain lakukan, bukan sebagai penjaga gawang,” Buffon menjelaskan kepada website resmi UEFA.

”Saya senang mencetak skor, pada akhirnya semua ini tentang mencetak gol. lalu daru usia enam atau tujuh tahun, saya bermain di lini tengah, bahkan sebagai libero, jujur saya sangat menyukainya.”

Nampaknya takdir berkata lain, di usianya yang menginjak 13, dia mencoba berganti posisi sebagai penjaga gawang siapa sangka ia kemudian akan menjadisalah satu kiper terbaik dunia di masa depan.

Setelah debutnya kala itu, kiprahnya kian meroket. tak butuh waktu lama untuk mendapatkan kepercayaan penuh Nevio Scala menggeser kiper utama Luca Bucci.

Gianluigi Buffon kiper terbaik dunia
Gianluigi Buffon berkostum Juventus setelah pecahkan rekor transfer kiper.

Karier Profesionalnya berlanjut di Juventus pada 2001 sekaligus memecahkan rekor transfer termahal bagi seorang kiper sebesar 52 juta Euro sebagai pengakuan statusnya sebagai penjaga gawang terhebat sejagat.

Di tahun ini pun Gigi ( Panggilan akrab Buffon ) kembali mencatatkan sejarah dirinya dengan berhasil pendapatkan penghargaan Golden Foot Award yang digagas oleh World Champions Club berkat penampilan impresif musim 2015/2016 bersama Juventus dengan mengantarkan meraih Scudetto dan Coppa Italia. Penghargaan ini diberikan untuk atlet yang telah telah berusia lebih dari 28 tahun.

Banyak kalangan yang menyebut Buffon layak mendapatkan gelar Ballon d’Or, namun sayang gelar tersebut hanya menjadi milik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Dan kini karier profesional Gigi Buffon tak akan berlangsung lama, setelah sang kiper terbaik dunia itu menyatakan akan pensiun setelah Piala Dunia 2018 meski sang agen membuka peluang keputusan gantung sepatu Buffon bisa dianulir. (Sumber : Football РItalia )

Video Debut Buffon bersama Parma

Penulis : Fajar Nugroho/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini