Soal Spekulasi Masa Depan Bek Tangguh Ini, Bos Southampton Klaim Sudah Dapatkan Pengganti, Siapa?

Jose Fonte dikabarkan semakin dekat di ambang pintu keluar dari Southampton.

Sepakbola.com, Southampton – Manajer Southampton, Claude Puel, membenarkan bahwa pihaknya menerima sejumlah tawaran untuk Jose Fonte. Dan yang terbaru adanya ketertarikan dari sesama klub Inggris yakni West Ham United.

The Saints baru saja melaju ke babak keempat Piala FA setelah menyingkirkan Norwich dengan skor 1-0 dalam partai ulangan. Dengan ini, mereka memastikan bakal menantang Arsenal di kandang sendiri pada tanggal 28 Januari mendatang.

Bek yang membawa Portugal menjawarai Euro 2016, memang menjadi topik hangat mengenai kepindahannya. Dan sang bos Puel memprediksikan bahwa akan terjadi sesuatu mengenai masa depan Jose Fonte dalam beberapa minggu ke depan.

“Saya pikir dia memiliki beberapa kesempatan, dia sudah menimbang peluangnya itu,” ungkap Puel mengenai masa depan Fonte.

“Dan bagi Southampton semuanya relatif. Kami akan melihat jika Jose meninggalkan Soton, kami akan melihat di hari berikutnya.”

Puel memberikan debut kepada pemain Inggris U-21 Jack Stephens yang diposisikan di bek tengah saat hadapi Norwich. Tapi dia masih belum menentukan apakah pemain 22 tahun itu sudah siap atau belum untuk menjadi suksesor Fonte.

Membantah mengenai The Saints yang kemungkinan bakal mencari pengganti Fonte, Puel mengatakan “Itu sangat penting untuk melihatnya bermain di posisi bek, sebelumnya dia memulai karier sebagai bek kanan.”

Jack Stephens antisipasi masa depan Jose Fonte.
Claude Puel mencoba memainkan bek muda Jack Stephens di posisi bek tengah untuk mengantisipasi masa depan Jose Fonte yang semakin tak jelas di Southampton.

“Sangat menarik untuk melihat Jack Stephens dalam situasi seperti ini. Karena kami tahu situasi Jose Fonte, dia kemungkinan akan pergi dari klub. Jadi penting untuk memonitori performa Jack Stephens.” tandasnya.

Saat ini Fonte memiliki durasi kontrak 18 bulan lagi bersama Southampton, dan dia sudah menolak untuk pembahasan perpanjangan kontraknya.

Dengan situasi tersebut, maka dapat dipastikan Soton bakal menjaga aset berharga lainnya yang ada pada diri seorang Virgil Van Dijk. Pemain belakang itu, saat ini juga menjadi target buruan sejumlah klub raksasa Inggris. Bahkan Soton membentengi asetnya itu dengan banderol transfer sebesar 50 Juta Pound.

Antisipasi Masa Depan Jose Fonte
Saat ini Virgil van Dijk dan maya Yoshida akan menjadi duet utama jika Jose Fonte tinggalkan Southampton.

Terhitung, hanya ada Maya Yoshida dan Jack Stephens yang bisa menjadi back up seorang Van Dijk jika Fonte benar akan hengkang. Untuk Yoshida sendiri, pemain asal negeri Sakura itu terakhir dijadikan kapten oleh Puel dalam laga menghadapi Norwich. Dan Puel merasa puas dengan penampilan Yoshida.

“Maya membuat progres yang bagus sejak awal musim ini. Itu penting untuk memberinya ban kapten agar bisa membuatnya semakin percaya diri. Sangat bagus untuknya, dia sangat bersemangat.” pungkas mantan manajer Lille. (Sumber: Sportinglife)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini