Ketua PSSI: Piala Presiden 2017 Momentum Pembinaan Usia Muda

Sepakbola.com, Sleman – Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menyebutkan penyelenggaraan Piala Presiden 2017 dijadikan momentum untuk pembinaan usia muda. Hal ini diutarakan Edy dalam sambutannya pada pembukaan Piala Presiden di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2).

Apalagi PSSI sengaja membuat regulasi yang mewajiban klub memainkan 3 pemain U-23 sebagai starter. Regulasi ini memang dikhususkan untuk mencari pemain U-23 yang nantinya akan menjadi pertimbangan Luis Milla dalam membuat kerangka timnas Indonesia U-23 yang akan mengikuti ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Edy sendiri menilai bisa menyelenggarakan Piala Presiden di tahun ini sebuah kehormatan bagi dirinya sebagai ketua Umum PSSI yang baru lantaran pada penyelenggaraan sebelumnya sempat dipegang oleh Mahaka Sport and Entertainment selaku promotor. Tahun ini turnamen diikuti 20 tim peserta dimana 18 tim diantaranya berasal dari ISL atau liga Satu dan dua tim dari divisi dua.

“Turnamen Piala Presiden 2017 ini jadi awal momentum pembinaan usia muda dan regenerasi pemain, karena dalam regulasi diwajibkan untuk peserta memasukkan pemain dibawah U-23,” ujar Edy dalam sambutannya

Selain itu pula Edy juga berharap penyelenggaraan ini juga sebagai awalan menuju liga profesional yang nantinya bertajuk Liga 1

“Dengan digelarnya turnamen Piala presiden 2017 sebagai awal dari Liga profesional yang diharapkan meningkatkan profesionalitas dan martabat seluruh insan sepakbola nasional. Turnamen ini diharapkan juga dapat menggairahkan sepakbola sebagai industri yang menggerakan ekonomi nasional, sekaligus menjaring pemain hebat untuk timnas,” tambahnya.

Sementara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya berharap Piala Presiden ini menjadi titik awal kebangkitan sepakbola nasional.

 

Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini