Indonesia Dapat Satu Slot Liga Champions Asia Untuk Musim 2018

Sepakbola.com, Jakarta – AFC memastikan Indonesia mendapatkan jatah tiga klub untuk kompetisi antar klub Asia pada 2018. Hal itu dikatakan usai PSSI melakukan pertemuan dengan pihak AFC, yakni Visaka Subramanian, AFC Development Officer dan Mahajan Vasudevan Nair, Head of Club Licensing 3-4 Maret di Kantor PSSI, Jakarta.

Menurut Sekretaris PSSI, Ade Wellington nantinya pada tahun 2018, Indonesia mendapat jatah satu klub untuk bertanding pada babak play off Liga Champions Asia. Jika gagal, maka otomatis klub tersebut akan terlempar ke Piala AFC.

Selain itu mereka juga mendapatka dua jatah ke Piala AFC. Namun jatah tidak menjadi tiga jika ada klub Indonesia yang gagal lolos ke Liga Champions maka otomatis Indonesia hanya memiliki dua ke Piala AFC.

“Pada 2018, Indonesia dapat jatah satu kualifikasi untuk Liga Champions Asia (LCA) dan dua slot langsung Piala AFC,” kata Ade kepada awak media.

Nantinya untuk klub yang lolos kompetisi klub asal Asia harus mendapatkan lisensi. Mereka memberikan tenggat waktu bagi klub asal Indonesia untuk nantinya bisa memenuhi lisensi.

“Timeline pengajuan seluruh syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisesni AFC bagi klub-klub dimulai 1 April dan ditutup pada 31 Oktober 2017,” beber Mahajan.

Penerapan lisensi AFC ini sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas kompetisi, manajemen klub dan industri sepakbola secara berkala. Terkait prakteknya, AFC akan kembali datang ke Indonesia di awal April untuk menjelaskan secara detail dalam pertemuan bersana PSSI, BOPI dan Kemenpora.

Reporter: Aglar Ardha Raja/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini