Mengenal Lebih Dekat Moussa Marega, Mesin Gol Porto Yang Memikat Manchester United Dan Chelsea

Sepakbola.com – Walau sudah mengeluarkan dana 75 juta Poundsterling untuk Romelu Lukaku pada musim panas tahun lalu, manajer Manchester United Jose Mourinho dikabarkan sedang mencari striker baru di bursa transfer Januari.

Lukaku sangat menjadi andalan Mourinho sejak dia pindah ke Old Trafford. Hanya David De Gea (1.980 menit) dan Nemanja Matic (1.944 menit) yang lebih banyak bermain dari Lukaku (1.814 menit) musim ini.

“Dia lelah. Dia secara fisik monster, tetapi dia bukan mesin dan dia merasakan itu,” kata Mourinho tentang Lukaku sebelum pertandingan Premier League melawan Southampton. “Suatu hari saya mengatakan (dia sudah bermain) 19 pertandingan di Premier League, sekarang saya mengatakan 20 pertandingan di Premier League, 90 menit, saya rasa untuk striker, pemain manapun itu benar-benar luar biasa.”

Lukaku memang menjadi starter di laga terakhir mereka pada tahun 2017 melawan Southampton, tetapi dia ditarik pada menit 14 dan digantikan Marcus Rashford.

Rashford dan Martial memang pemain bagus untuk mengcover Lukaku dengan Lingard beroperasi di tengah. Namun, Rashford belakangan kurang tampil mengesankan, Martial lebih apik di posisi winger dan Lingard tepat di luar kotak penalti, ini membuat Mourinho ingin mendapat pemain yang benar-benar untuk mengcover Lukaku.

Mourinho sebenarnya punya Zlatan ibrahimovic, tetapi striker 36 tahun tersebut baru saja memulai musim ini karena cedera ligament lutut dan kemudian kambuh. Mourinho tidak bisa berharap banyak pada dia saat ini.

Lebih fleksibel ketimbang Lukaku

Tidak heran Mourinho mulai melirik striker Porto Moussa Marega. Pemain 26 tahun ini sudah mencetak 14 gol di Liga Primer Portugal musim ini dari hanya 14 kali tampil sebagai starter dan dua dari bangku cadangan, serta dia juga memberikan dua assist.

Marega menawarkan kekuatan fisik seperti Lukaku, tetapi punya disiplin ketika di tempatkan melebar karena dia juga berperan melebar saat berpartner dengan Vincent Aboubakar musim ini. Dia mencetak dua gol dan dua assist saat berperan di sisi kiri lini depan. Fleksibilitasnya kemungkinan menjadi kunci ketertarikan Mourinho padanya.

Pemain 25 tahun tersebut sedikit lebih akurat dari Lukaku, Marega melepaskan 29 tembakan yang mengarah ke gawang dari 60 kali percobaan sedangkan Lukaku 28 tembakan mengarah ke gawang dari 62 percobaan yang dia lakukan. Namun, Marega sangat tergantung dengan kaki kanannya, sedangkan Lukaku menunjukkan kedua kakinya kuat. Kemampuannya menahan bola juga bisa membantu banyak United, dia bahkan unggul sedikit dalam hal sentuhan bola per pertandingan ketimbang Lukaku dan akurasi umpannya juga lebih efisien.

Ancam posisi Batshuayi di Chelsea

Tujuan lainnya Marega adalah Chelsea karena Antonio Conte sedang mencari striker untuk mengisi kekosongan Michy Batshuayi yang akan dipinjamkan. Conte tidak merahasiakan situasi Batshuayi dan tampaknya Chelsea siap merugi untuk menjualnya – Chelsea membelinya 32 juta Poundsterling.

Alvaro Morata yang merupakan pencetak gol terbanyak Chelsea dengan 10 gol membutuhkan cadangan dan Marega tampaknya orang yang tepat, atau bisa dibilang dia saingan yang tepat. Marega memang bukan pilihan yang lebih meledak dari Morata, tetapi dia bisa menawarkan rencana B pada Conte.

Di manapun Marega berlabuh pada musim dingin ini maka klub tersebut harus membayar 36 juta Poundsterling kepada Porto, angka yang tentunya tidak murah untuk striker yang ditujukan sebagai cover.

Klausul rilis 40 juta Euro

Marega berpaspor Mali namun lahir di Prancis. Ia adalah produk dari klub lokal Prancis, Evry FC. Marega diberi kesempatan menandatangani kontrak klub divisi tiga Amiens pada 2013 di mana pada musim debutnya dia mencetak sembilan gol. Dia akhirnya meninggalkan Prancis dan pindah ke Portugal, bergabung dengan Maritimo dua musim sebelum bergabung ke Porto dengan kontrak empat tahun dan dikabarkan punya klausul rilis senilai 40 juta Euro.

Musim pertamanya tidak berjalan lancar sehingga dia dipinjamkan ke Vittoria S.C, dia kemudian mencetak 14 gol di sana dari 31 pertandingan dan kemudian Porto menariknya kembali. Kini dia ada di belakang Bast Dost dari Sporting dan Jonas dari Benfica di daftar topskorer Primeira Liga. Ini membuat klub ingin memperpanjang kontraknya. (Sumber: goal.com)

 

Video kompilasi gol Moussa Marega

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini