Ronaldo Tak Masuk 10 Besar Pemain Paling Bernilai La Liga

Sepakbola.com – Salah satu pengamat sepak bola The International Centre for Sports Studies (CIES), menerbitkan daftar 100 pemain paling bernilai di planet ini. Tetapi, secara mengejutkan menurut studi yang mereka lakukan bintang utama Real Madrid Cristiano Ronaldo tidak masuk 10 besar, bukan hanya secara global tetapi juga La Liga.

CIES merupakan perusahaan yang menyediakan layanan penelitian, pendidikan dan konsultasi yang berkaitan dengan olahraga, hukum, masyarakat, geografi dan sejarah dan lain-lain – mereka berfokus pada statistik, penelitian kuantatif dan menginterpretasi data yang bertujuan untuk meneliti pemain, agen, liga dan asosiasi.

Hasil penelitian CIES ini menunjukkan perkiraan nilai transfer setiap pemain di dunia dan memasukkan data transfer terbaru per tanggal 8 Januari. Neymar ada dipuncak daftar untuk global dengan nilai transfer 213 juta Euro kemudian disusul Lionel Messi 202,2 juta Euro dan dibelakang mereka ada Harry Kane 194,7 juta Euro.

10 pesepakbola paling berharga di dunia 2018 menurut CIES (Sumbeer; football-observatory.com)

Anehnya bintang Real Madrid Ronaldo tidak masuk 10 besar untuk pemain paling bernilai menurut CIES. Di daftar global, Ronaldo hanya masuk ke urutan 49 tepat di bawha Anthony Martial dengan nilai 80,4 juta Euro.

Ronaldo tidak masuk 10 besar (Sumber: football-observatory.com)

Untuk khusus La Liga, Ronaldo juga tidak masuk 10 besar. Lionel Messi memimpin daftar La liga kemudian diikuti Antoine Griezmann, Luiz Suarez dan Samuel Umtiti. Satu-satunya pemain Real Madrid yang masuk ke 10 besar adalah Isco.

Cukup aneh mengingat Ronaldo baru saja memenangkan Ballon d’Or kelimanya – menyamai Messi – baru-baru ini. Namun, performa Ronaldo juga menurun musim ini terutama di La Liga, dia baru mencetak empat gol dari 13 laga di La Liga.

Ini seiring dengan performa Real Madrid secara keseluruhan musim ini, mereka duduk di posisi empat klasemen La Liga dengan jarak 16 poin dari pimpinan klasemen Barcelona. Selain itu Real Madrid juga finish sebagai runner-up di fase grup Liga Champions, kalah bersaing dengan Tottenham Hotspur.  (Sumber: www.football-observatory.com)

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini