Strategi Pergantian Pemain Hallgrímsson Jadi Kunci Kemenangan Telak Islandia Atas Indonesia Selection

Sepakbola.com, Yogyakarta – Pelatih tim nasional Islandia, Heimir Hallgrímsson menyebut taktik pergantian pemain di awal babak kedua menjadi kunci kemenangan telak 6-0 tim asuhannya atas Indonesia Selection, Kamis (11/1) malam WIB.

Di laga itu Islandia sempat kesulitan dalam mengembangkan permainan di babak pertana. Tim berjuluk Our Boys itu hanya bisa unggul tipis 1-0 hingga babak pertama usai. Namun, di babak kedua Islandia mampu mencetak lima gol tambahan.

“Pemain muda yang kebanyakan saya bawa ke Indonesia, mereka baru memulai karier profesional di klub masing-masing. Kebanyakan dari mereka kini tengah merintis karier beberapa negara Skandinavia, Inggris, juga ada yang di Belgia,” buka Hallgrimsson dalam konferensi pers setelah pertandingan.

“Kami sadar bahwa perjalanan mereka masih panjang dan kami ingin membuat mereka terus melangkah maju, dengan membawa mereka ke pertandingan semacam ini. Namun, Sulit untuk memilih siapa pemain yang tampil sebagai yang terbaik di pertandingan dengan kondisi hujan lebat seperti ini. Namun menurut saya pergantian pemain di babak kedua jadi kuncinya. Kinerja mereka sudah bagus dan saya harap pengalaman ini berharga.”

Beberkan kunci sukses Islandia

Hallgrímsson lantas membeberkan resep kesuksesan Islandia yang mempu melejit di persaingan sepakbola Eropa dan dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ia menyebut pembinaan usia muda dan program jangka panjang yang oke membawa pengaruh positif bagi persepakbolaan Islandia.

“Seperti yang sempat saya katakan sebelumnya bahwa pembinaan sepakbola di negara kami sangat berbeda. Kami membina para pemain dari mereka kecil dan memiliki banyak pelatih berlisensi UEFA.”

“Selain itu kami juga punya fasilitas yang baik dalam program jangka panjang, sepakbola kami sekarang mulai menunjukkan kemajuan yang bagus,” tandas perlatih berusia 50 tahun itu.

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini