Tidak Dipanggil Timnas Spanyol, Alvaro Morata Dianggap Tidak Perlu Cemas Berlebihan

Sepakbola.com, Madrid – Meski sedang tidak terdaftar sebagai anggota tim nasional Spanyol yang akan menjalani sejumlah partai uji coba pada akhir Maret 2018 ini Alvaro Morata dinilai tidak perlu merasa frustrasi. Bomber berkostum Chelsea tersebut rupanya ditepikan oleh pelatih Julen Lopetegui dengan alasan yang jelas.

Lopetegui yang mengisi pos striker La Furia Roja saat ini dengan Diego Costa, Rodrigo Moreno, dan Lopetegui mengimbau pada Morata untuk fokus saja dahulu dengan pemulihan cedera punggungnya. Jika memang sudah kembali ke bentuk terbaiknya maka eks Real Madrid dan Juventus tersebut akan kembali diperhitungkan.

Lagipula uji coba kali ini dianggap krusial oleh Lopetegui yang ingin mengetahui sejauh mana skuatnya sudah berkembang. Untuk dari itu ia hanya ingin para pemain yang dipanggil saat ini adalah mereka yang sedang dalam performa terbaik. Mengingat Jerman dan Argentina yang dipilih sebagai lawan pada 24 dan 28 Maret nanti juga berstatus unggulan di Piala Dunia 2018 mendatang maka alibi Lopetehui sudah solid.

“Sebenarnya ada banyak pemain yang pantas untuk menerima panggilan namun nyatanya sekarang mereka tidak disini. Alvaro baru saja pulih dari cederanya dan kami merasa jika memasukkan ia ke dalam skuat saat ini bukanlah keputusan terbaik,” papar Lopetegui pada Onda Cero Radio per Kamis (22/3) lalu.

“Sebelum mengumumkan daftar nama skuat ke publik aku sudah lebih dahulu memberi tahu Alvaro (jika ia tidak masuk). Aku melakukannya ke semua pemain dan itu sudah menjadi tugasku. Adalah normal jika pemain merasa frustrasi akibat hal ini.”

“Kami bisa saja sebenarnya merencanakan persahabatan dengan negara-negara yang tidak sekuat Jerman dan Argentina tapi kami ingin tahu dimana kekuatan kami. Spanyol benar-benar sudah tidak sabar untuk menjajal keduanya,” pungkas pelatih yang kini memberikan kans debut untuk sejumlah pemain seperti Dani Parejo dan juga Marcos Alonso tersebut.

Fokus kembalikan ketajaman

Jika melihat performanya belakangan ini Morata memang seharusnya sadar jika ia memang belum kembali pantas untuk mengenakan jersey tim Matador. Pasalnya sebelum laga perempat final Piala FA lalu kala Chelsea meladeni tantangan Leicester City pada Minggu (18/3/18) ia belum bisa mencetak satupun gol di kalender 2018.

Untuk itu Morata tidak perlu terlalu cemas memikirkan kansnya untuk bisa berangkat ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia pada musim panas nanti. Mengembalikan performa sebaiknya jadi fokus utama striker jangkung 25 tahun ini untuk sementara. Lagipula ia bukan satu-satunya pemain inti yang gagal menembus timnas Spanyol.

Lopetegui juga luput untuk memasukkan sejumlah nama yang sudah beredar sejak era Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2010 seperti Juan Mata dan Javi Martinez. Gelandang senior sekelas Cesc Fabregas yang sudah jadi bagian masa emas pertama di Piala Eropa 2008 saja harus absen untuk sementara karena dinilai gagal menunjukkan permaina memikat belakangan ini. (Sumber: ESPN)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini