Jadwal AFF 2018 Dan Liga 1 Bentrok, Klub Tetap Wajib Lepas Pemain Ke Timnas

Sepakbola.com, Jakarta – Liga 1 Indonesia dipastikan akan digelar dari 28 Maret dan berakhir pada 9 Desember mendatang. Namun ada sedikit gangguan persaingan di akhir musim karena berbenturan dengan penyelenggaraan Piala AFF 2018.

Klub-klub peserta terancam Liga 1 tak bisa memainkan para pemain kuncinya karena harus membela Merah Putih di ajang tersebut. CEO PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya berharap para klub kooperatif harus melepas pemainnya ke timnas.

“[Saat berlangsung] AFF, Liga 1 tidak berhenti seperti 2016, nanti ada skema khusus untuk koordinasi dengan PSSI. Sebelum mengeluarkan jadwal kita sudah berkoordinasi dan menghitung dari semua jadwal yang terjadi tahun ini untuk membuat satu jadwal,” ucapnya.

“Tentunya jadi bagian yang sudah kita pikirkan dan berkoordinasi dengan PSSI, siapapun yang dipanggil apapun secara regulasi klub harus melepaskan ke timnnas, karena ujungnya kompetisi adalah timnas baik,” ujar Risha.

Maksimal empat pemain

Namun Risha memastikan setiap klub kemungkinan paling banyak menyumbangkan tiga hingga empat pemain untuk masuk ke Skuat Garuda.

“Kita tidak mengandai-andai tapi kalau melihat semua kemampuan pemain muda saat ini cukup merata, kalau dibandingkan dua musim lalu usia 23 itu hanya dari enam klub, tahun sebelumnya tahun 2017 itu ada 15 klub yang menyumbangkan pemainnya untuk Timnas. Dan saya percaya tidak lebih dari tiga atau maksimal empat pemain yang dipanggil, itu paling maksimal,” tambahnya.

Sementara terkait hukuman jika klub tidak melepasnya, Risha sendiri tidak mau ambil pusing. Mengingat hal ini bukan ranahnya PT LIB yang memberikan hukumannya.

“Sanksi diserahkan kepada PSSI, kan tadi sudah dijelaskan kompetisi muaranya untuk membetuk timnas yang kuat tentu federasi pun aturan main FIFA juga mengatur apabila dipanggil timnas maka wajib bagi untuk pemain mengikuti timnas,” tutupnya.

Komentari Artikel Ini