[TOP 5] Problem Yang Harus Dituntaskan Real Madrid Untuk Sukses Musim Depan

Sepakbola.com – Dengan 33 titel La Liga dan 12 trofi Liga Champions Real Madrid, adalah salah satu tim tersukses di dunia, namun belakangan ini mereka mengalami kemunduran. Setelah di 2016/2017 meraih gelar ganda La Liga dan UCL, kini Cristiano Ronaldo dan kolega justru terancam mengakhiri 2017/2018 tanpa gelar sama sekali.

Meski sejak paruh kedua musim ini mulai bisa stabil di jalur kemenangan namun Los Blancos tidak dipungkiri lagi masih membutuhkan penambalan. Untuk itu, Sepakbola.com jabarkan apa saja yang perlu mereka perbaiki demi kembali meraih sukses di musim depan.

1. Mencari kiper utama ideal

Menentukan siapa kiper utama adalah sesuatu yang jadi beban Real Madrid sejak melepas Iker Casillas. Untuk menggantikan penjaga gawang internasional Spanyol tersebut, mereka menaikkan status pelapis milik Keylor Navas dan juga membeli cadangan baru dalam diri Kiko Casilla namun keduanya belum bisa memberi jaminan keamanan layaknya sang pendahulu.

Navas memang tampil apik pada musim lalu dan koleksi gelarnya pun cukup mentereng namun musim ini konsistensinya hilang. Sedangkan Casilla yang sebenarnya merupakan produk akademi klub tidak banyak mendapat kesempatan dan lebih sering berlaga di ajang piala.

Dengan usia keduanya yang kini sudah memasuki kepala tiga, jelas bijak bagi Madrid untuk mencari kiper anyar yang punya potensi berkembang lebih besar.

Target mereka sejauh ini tidak jauh-jauh dari duo eks Atletico Madrid yang sudah sukses di Premier League, David de Gea dan Thibaut Courtois. Kontrak keduanya dengan Manchester United dan Chelsea yang akan segera kadaluarsa pada akhir musim 2018/2019 menjadikan mereka buruan yang ideal.

Namun tampaknya Madrid akan kembali coba menggoda kiper muda Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga, meski ia baru saja menandatangani kontrak berdurasi panjang.

2. Perkaya opsi di bangku cadangan

Usai menjuarai La Liga dan Liga Champions musim lalu Madrid tampak gegabah di jendela transfer musim panas. Pemain-pemain yang bisa menjadi opsi darurat seperti Alvaro Morata, Pepe, Danilo, juga James Rodriguez justru dilepas baik secara permanen maupun pinjam. Alhasil kini skuat arahan entrenador Zinedine Zidane tampak terlalu ramping.

Memang ada sejumlah pemain muda yang dimasukkan dalam skuat musim ini seperti Dani Ceballos, Achraf Hakimi, ataupun Jesus Vallejo namun level mereka masih harus ditingkatkan lagi dengan cara banyak melibatkan mereka di laga-laga penting. Jika tidak, tentu saja dengan belanja berkualitas di musim panas mendatang termasuk memulangkan James dari peminjamannya di Bayern Munchen.

3. Memberi Carvajal Pesaing

Dani Carvajal adalah pemain jebolan akademi yang bagus dan sudah jadi andalan sejak dipulangkang dari Bayer Leverkusen di era kepelatihan Carlo Ancelotti namun ia bukanlah robot yang kebal akan cedera. Untuk itulah ia butuh back up sekaligus pesaing yang punya kemampuan mendekati dirinya.

Saat Carvajal harus absen karena masalah pada jantungnya di medio 2017/2018 ini Zidane tampak bimbang apakah harus memainkan Hakimi atau Nacho Fernandez karena keduanya tidak sama seperti sang andalan. Hakimi masih terlalu belia walau bertalenta sedangkan Nacho tidak seeksplosif Carvajal.

4. Menentukan nasib Bale di skuat utama

real madrid jual gareth bale

Saat didatangkan dari Tottenham Hotspur pada 2013 lalu dengan mahar 90 juta Poundsterling yang menjadikannya pemain termahal dunia, Gareth Bale memikul banyak ekspektasi dari Madrid layaknya kala mereka memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United empat tahun sebelumnya.

Namun rupanya sampai saat ini hal tersebut belum sepenuhnya terbalaskan walau sudah mempersembahkan tiga trofi Liga Champions, satu La Liga, dan sejumlah titel lainnya lebih banyak menghabiskan waktunya dengan cedera.

Tidak ada yang meragukan kualitas winger kidal Wales tersebut namun fakta jika Bale sudah tidak mampu menembus 25 penampilan dalam dua musim terakhir tidak bisa ditutupi. Andai tidak berniat menjual Madrid sebaiknya segera mencari pengganti atau pesaing untuk eks Southampton tersebut.

Di radar mereka saat ini nama Eden Hazard dari Chelsea dan Mohamed Salah dari Liverpool jelas jadi primadona namun keduanya pasti tidak akan dibanderol murah. Butuh setidaknya 100 juta Poundsterling untuk membeli hanya satu dari mereka. Itupun jika pemain dan klub mereka berkenan.

5. Gantikan Karim Benzema!

Pendukung Real Madrid Hujat Karim Benzema

Datang pada 2009 lalu sebagai wonderkid dari Olympique Lyonnais dan menjadi bagian dari proyek Los Galacticos jilid dua, Karim Benzema menjalani karier gemilang di Santiago Bernabeu. Di usianya yang kala itu masih 21 tahun striker berkebangsaan Prancis tersebut sudah mampu membuat pemain sekelas Gonzalo Higuain harus rela tergusur ke bangku cadangan.

Sayang di 2017/2018 dimana seharusnya Benzema menikmati usia emas ia justru menurun drastis dalam hal finishing. Dalam 22 partai La Liga yang ia jalani hanya ada empat gol yang ia buat dengan kaki dan kepalanya. Tentunya ini bukan angka yang sehat untuk bomber yang bertitel reguler di Madrid. Para fans pun sudah sejak lama menyuarakan keinginan mereka agar Benzema segera digantikan.

Saat ini ada banyak opsi untuk menggantikannya. Ada Harry Kane dari Tottenham Hotspur dan juga Robert Lewandowski dari Bayern Munchen. Namun dengan adanya indikasi jika Benzema adalah salah satu pemain kesayangan Zidane mungkin masih sulit merealisasikan target ini di musim panas depan. (Sumber: Sportskeeda)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini