Gara-Gara Bertemu Erdogan, Ozil Dan Gundogan Seharusnya Tak Ikut Piala Dunia 2018

Sepakbola.com, Berlin – Pertemuan Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dianggap mengganggu fokus Jerman jelang Piala Dunia 2018 lalu, menurut Ottmar Hitzfeld. Pelatih gaek itu juga menyebut seharusnya Ozil dan Gundogan tak disertakan ke dalam skuat Der Panzer di Rusia.

Baik Ozil maupun Gundogan memang sama-sama memiliki garus keturunan Turki. Namun pertemuan keduanya dengan pemimpin dari tanah leluhurnya itu justru banyak mendapatkan kecaman terutama dari rakyat Jerman yang menganggap mereka berdua tidak perlu bertemu dengan Erdogan yang penuh kontroversi.

“Saya percaya bahwa tak ada gunanya membawa Ozil dan Gundogan ke Piala Dunia 2018, mereka berada di bawah tekanan besar,” katanya kepada Sport Buzzer.

“Dalam pandangan saya Anda harus melindungi mereka dan meninggalkan mereka untuk membuat awal yang baru lagi. Jika begitu Anda akan merasa damai selama Piala Dunia.

“Itu pasti memiliki pengaruh pada tim. Para pemain terus-menerus dihadapkan dengan itu,” tandas mantan pelatih Bayern Munchen tersebut.

Jerman sendiri harus menanggung malu setelah terdepak di fase grup Piala Dunia 2018. Dari tiga laga yang dijalani, skuat asuhan Joachim Low hanya bisa meraih satu kemenangan dan dua kali kalah. Kegagalan itu sekaligus mengulang prestasi terburuk yang mereka raih pada ajang Piala Dunia 1938 silam. (Sumber: Four Four Two)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini