Kroasia vs Inggris: Update Kondisi Tim Terkini

Menghadapi Inggris, Kroasia akan kehilangan salah satu starter reguler di lini belakang, Sime Vrsaljko.

SepakBola.com, Moskow – Kroasia akan berduel melawan Inggris di babak semifinal Piala Dunia 2018. Pertandingan Kroasia vs Inggris akan digelar di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Tim besutan Gareth Southgate memiliki keuntungan menyelesaikan laga terakhir mereka dalam tempo 90 menit lawan Swedia di perempatfinal. Sementara Kroasia harus kembali bermain 120 menit di perempatfinal kontra Rusia sebelum menang dalam drama adu penalti. Di babak 16 besar Inggris dan Kroasia sama-sama bermain hingga babak tos-tosan.

Fakta tersebut membuat kondisi fisik para pemain Inggris akan lebih bugar ketimbang skuat asuhan Zlatco Dalic. Kelelahan yang menimpa Kroasia juga bertambah pelik dengan cederanya salah satu starter reguler, Sime Vrsaljko.

Meski telah menembus semifinal, masih ada anggapan miring untuk Inggris. Harry Kane dkk dinilai belum bertemu dengan lawan yang mumpuni sepanjang turnamen. Belgia adalah lawan terberat mereka namun duel di fase grup dinilai serupa ekshibisi mengingat dua tim ketika itu banyak menurunkan pemain pelapis karena sudah memastikan lolos. Dan di laga tersebut Inggris akhirnya kalah.

Kondisi Tim Kroasia

  • Andrej Kramarić secara mengejutkan terpilih menjadi starter ketimbang Marcelo Brozović di laga perempat final Kroasia lawan Rusia. Namun Brozovic diperkirakan akan kembali masuk starting XI untuk membantu Ivan Rakitic di lini tengah. Jika Brozovic bermain, Luka Modric bisa lebih leluasa bermain menyerang.
  • Bek tengah Dejan Lovren dan penjaga gawang Danijel Subasic sama-sama melewatkan latihan di awal pekan ini. Meski begitu keduanya diprediksi pulih dan tampil starter di laga kontra Inggris.
  • Kroasia tak akan bisa memainkan bek kanan Sime Vrsaljko yang mengalami gangguan cedera pada lututnya. Absennya Vrsaljko akan membuat mantan defender Tottenham Vedran Corluka bermain sejak awal.
  • Bermainnya Corluka bisa saja membuat Domagoj Vida digeser untuk memainkan peran bek kanan. Namun pilihan mempertahankan duet Lovren-Vida yang telah padu akan menjadi pilihan yang juga masuk akal.
  • Investigasi baru dilakukan FIFA terhadap Vida terkait video kedua bernuansa politik yang menyindir konflik Rusia-Ukraina. Sebelumnya Vida lolos dari sanksi meski asisten pelatih Kroasia yang muncul dalam video yang sama dipulangkan. Namun hingga saat ini belum ada kabar baru soal hasil investigasi kedua dari FIFA.

Kondisi Tim Inggris

  • Kyle Walker, Dele Alli dan Ashely Young telah kembali dari cedera ringan di ladan telah kembali bermain di laga perempatfinal kontra Swedia. Hanya kondisi Jamie Vardy, yang notabene adalah pemain pelapis, masih diragukan apakah siap tampil atau belum.
  • Jordan Henderson mengalami sediikit masalah hamstring dan ia ditarik keluar jelang laga perempat final Swedia vs Inggris berakhir. Namun Inggris masih percaya diri kapten Liverpool akan kembali prima untuk tampil di semifinal.
  • Gareth Southgate bisa mempertimbangkan memainkan Eric Dier atau Fabian Delph untuk mengurangi tekanan pada Henderson di lini tengah. Namun melihat performa Inggis di laga-laga sebelumnya, tak terlalu besar alasan untuk membuat perubahan strategi kontra Kroasia.

Komentari Artikel Ini